Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ya, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia yang diwakili oleh Bapak Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Kita harus bangga, ya, Kids, sebagai bangsa Indonesia. Tapi, kalian pasti penasaran, bagaimana, sih, asal mula nama Indonesia lahir. Dan siapa yang memberikan nama Indonesia?

Bermula di tahun 1602 saat Indonesia berada pada masa penjajahan Belanda. Kala itu, Pemerintahan Kerajaan Belanda memakai nama Nederlandsch-Indie atau Hinda-Belanda untuk Indonesia (dimulai tahun 1602, diselingi penjajahan Prancis, Inggris, dan Jepang).

Adapun nama “Indonesia” pertama kali muncul di tahun 1850, di sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang terbit di Singapura. Penemunya adalah dua orang berkebangsaan Inggris yaitu; James Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl.

Nah, ketika itu, nama Hindia—nama wilayah Indonesia saat itu—sering tertukar dengan nama tempat lain. Oleh karena itulah kemudian James Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl, berpikir untuk Indonesia agar diberi nama sendiri.

George Samuel Windsor Earl mengusulkan dua nama yaitu; “Indunesia dan Malayunesia”. James Richardson Logan memilih nama “Indunesia” sedangkan George Samuel Windsor Earl memilih nama “Malayunesia”.

Namun, belakangan, diketahui kalau James Richardson Logan mengganti huruf “u” dari nama “Indunesia” sehingga menjadi: “INDONESIA”.

Dari situlah nama Indonesia mulai dikenal dan kemudian dipopulerkan oleh etnolog Jerman, Adolf Bastian melalui bukunya, Indonesien Oder Die Inseln Des Malayischen Archipels dan Die Volkev des Ostl Asien (1884).

Pada tahun 1924, pemakaian nama Indonesia pun dimulai dengan terbitnya koran Indonesia Merdeka milik Perhimpunan Indonesia. Penggunaan nama Indonesia secara nasional kemudian terucap bersama-sama dalam ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 hingga akhirnya Negara kita resmi bernama Indonesia melalui Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Dan untuk diketahui, nama Indonesia pun sudah tercantum di dalam sebuah artikel di buku “Mohammad Hatta: Politik, Kebangsaan, Ekonomi (1927-1977)”. Di dalam buku tersebut ada sebuah artikel berjudul: “Tentang Nama Indonesia”.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *