Kesemek. Namanya sih masih kalah populer dengan buah-buahan lain, Kids. Mungkin kamu baru pertama kali ini mendengarnya. Seperti apa itu buah kesemek, simak, yuk!

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Ia dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Oriental persimmon. Kenapa disebut Oriental, karena ternyata kesemek berasal dari Republik Rakyat Cina, yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembangbiakkan di sana.

 Rasa buah kesemek lumayan enak, Kids. Tak kalah istimewa dari apel atau jenis buah lain. Bagi kamu yang pertama kali melihatnya, mungkin bertanya-tanya, kenapa kulit buah ini ditutupi lapisan berwarna putih yang mirip seperti bedak. Waduh, buah yang genit, ya, hihi…

Buah kesemek ada 2 jenis, yang sepat dan tidak sepat. Rasa sepat ini kurang diminati karena menimbulkan sensasi lengket di lidah saat kita memakannya. Rasa sepat pada kesemek berasal dari zat tannin di dalam buah. Jenis ini pula yang kebanyakan terdapat di Indonesia.

Untuk menyiasati rasa sepat tersebut, buah kesemek bisa direndam dalam larutan air kapur selama minimal 24 jam. Sisa-sisa air kapur ini yang meninggalkan bercak-bercak putih pada kulit buah kesemek, Kids. Tak heran, buah kesemek seperti memakai bedak, ya? Hehe…

(Teks dan Ilustrasi: JFK)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *