Asah Kreativitas Lewat Narsis

Siapa yang suka sharing foto dan video di media sosial? Kalau biasanya kalian cuma mengunggah foto yang tidak bergerak, tanpa suara, atau begitu-begitu saja, coba berkreasi lebih seru dengan aplikasi-aplikasi media sosial ini, yuk!

Instagram

Wah, zaman sekarang siapa yang tidak tahu instagram? Semua macam foto ada di instagram. Mulai dari foto makanan, pemandangan, sampai foto selfie. Cara menggunakan instagram pun mudah. Tinggal foto atau rekam video, lalu unggah di timeline instagrammu. Kalian juga bisa langsung mengedit foto yang kalian jepret dengan fitur edit foto yang disediakan dalam aplikasi ini.

Foto dan video pun bisa disimpan dulu di smartphone, diedit, lalu kalau kalian sudah merasa puas dengan hasil editan, baru diunggah. Tapi, video yang diunggah cuma bisa berdurasi 15 detik saja, ya. Sebelum diunggah, jangan lupa tambahkan dulu tulisan dan hashtag (tanda pagar) yang menarik supaya banyak yang lihat foto dan video kalian.

Musical.ly

Dengan musical.ly kalian bisa merekam video pendek berdurasi 15 detik dan unggah di halaman kalian sendiri. Mirip instagram, dong? Nggak juga, kok. Dalam aplikasi ini, kalian bisa lipsync dengan lagu-lagu pilihan atau menambahkan efek suara pada video.

Selain itu, fitur untuk mengedit video pada media sosial ini lengkap sekali, Kids. Ada fitur Time Trap yang memutar video kalian berulang-ulang. Ada juga fitur Color Filter yang membuat video kalian muncul dengan berbagai warna. Wah, seru sekali, ya!

Sayangnya, jumlah lagu Indonesia yang ada di musical.ly belum banyak, Kids. Lagu-lagu yang tersedia di perpustakaan musik musical.ly kebanyakan adalah lagu-lagu yang sedang populer saat ini.

Snapchat

Nah, dengan media sosial yang satu ini, kalian bisa mengunggah foto dan video ke timeline. Bedanya dengan media sosial yang lain, foto dan video kalian hanya akan tersimpan maksimal selama 24 jam. Setelah 24 jam, foto dan video yang kalian unggah akan hilang!

Bukan cuma itu, foto dan video yang akan kalian rekam harus diunggah saat itu juga. Nggak bisa disimpan, diedit-edit, dikonsep, baru diunggah. Tapi, snapchat punya fitur efek dan filter yang lucu-lucu, Kids. Ada efek scary face yang membuat wajah nampak menakutkan. Ada juga efek puke rainbow yang membuat seolah-olah pelangi keluar dari mulut kita. Lucu, kan? Fitur dan filter ini terus diupgrade setiap hari, jadi tiap hari kalian bisa foto-foto dengan berbagai efek yang lucu dan unik.

Gimana? Menarik kan berbagai aplikasi media sosial yang ada saat ini? Bukan cuma berbagi tulisan dan foto, kalian juga bisa berkreasi dengan foto dan video yang akan kalian share.

Boleh Narsis, Asal…

Walaupun menyenangkan dan memperluas jaringan pertemanan, kalian tidak boleh terlalu sering menggunakan media sosial, ya. Aturlah waktu penggunaan media sosial dengan bijak. Jangan memposting hal-hal yang bersifat pribadi seperti data diri, keluarga ataupun alamat rumah. Karena data-data tersebut rawan untuk disalahgunakan.

Jangan pula memposting foto-foto, video, ataupun kata-kata yang tidak baik. Gunakanlah media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat seperti membagikan ilmu pengetahuan, tips-tips ataupun hal bermanfaat lainnya. Selain itu, kalian harus ingat, pengguna media sosial yang baik akan berpikir terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu. (JFK/Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *