Apa jadinya jika ubi ungu, kayu manis, klepon yang nota bene makanan khas Indonesia, dipadukan dengan oat dan kopi? Hmm, sensasi yang nikmat dan unik. Bagi Moms dan Dads penyuka kopi, jangan sampai dilewatkan, deh.

Tak hanya itu saja, untuk si buah hati maupun penggemar non-coffee, ada minuman cokelat khas Sumba. Apalagi semua bahan baku minuman di atas, asli 100 persen produk kuliner lokal Indonesia. Wah!

Yups, masih dalam rangka semangat kemerdekaan RI yang ke-77, baru-baru ini Djournal Coffee berkolaborasi dengan Swara Gembira – komunitas gerakan generasi muda – meluncurkan 7 varian minuman baru bertajuk Nusa Rasa Oat Series. Minuman ini terdiri dari 6 varian Kopi Susu dan 1 minuman cokelat khas Sumba, NTT.

Diuraikan oleh Sendy Djaja, Research & Development Manager Djournal Coffee, gagasan awal bersumber dari pelanggan yang mereka sebut Djournalist. “Ide pertama dari customer, kita riset apa sih sebenarnya yang mereka cari. Dari sana kita dapatkan bahwa mereka haus akan rasa-rasa yang lebih lokal dan nusantara. Jadi kita buatlah varian baru Nusa Rasa Oat Series ini. Karena berdekatan dengan momen kemerdekaan RI ke-77, akhirnya dikeluarkanlah 7 varian rasa,” ujar  Sendy di acara peluncuran Nusa Rasa Oat Series di House of Djournal, Jakarta Selatan (16/08).

(kiri ke kanan) MC, Sendy Djaja, Research & Development Manager Djournal Coffee; Rena Andriyani, Assistant Marketing Manager Djournal Coffee; Rifan Rahman, Direktur Utama Swara Gembira, dalam momen bincang hangat peluncuran Nusa Rasa Oat Series Jakarta pada Selasa (16/08/22)

“Kami dengan bangga meluncurkan Nusa Rasa Oat Series sebagai hasil kolaborasi dengan Swara Gembira yang se-visi dengan kami untuk berkreasi dan menyuarakan apresiasi terhadap budaya Nusantara,” tambah Rena Andriyani, Assistant Marketing Manager Djournal Coffee.

Dipertegas oleh Rena, keenam varian kopi di atas seluruhnya menggunakan 100% kopi racikan asli Indonesia. Minuman tersebut dikemas secara spesial agar dapat menemani para pecinta kopi dan seluruh masyarakat Indonesia atau para Djournalist  di tengah kesibukan menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Sesuai dengan namanya yakni Nusa Rasa Oat Series, bahan baku yang dipilih semuanya berasal dari produk lokal khas Indonesia. Berikut ke-7 varian rasanya:

  1. Kayu manis Shaken Oat

Perpaduan aroma rempah pilihan nusantara dengan lembutnya oatmilk dan kopi Batavia Blend. “Inspirasinya dari kopi rempah asal daerah Sumatera. Kita tahu Indonesia adalah negara penghasil rempah terbaik. Nah, kayu manis kita padukan dengan kopi nusantara, yakni 70 persen Kopi Mandailing dan 30 persen Kopi Toraja,” jelas Sendy.

Ketika Moms dan Dads menyesap kopi ini, aroma kayu manis memang mendominasi namun langsung digantikan oleh rasa kopi yang khas di akhirnya. Rasanya enak, pas dan seimbang. “Rasa natural dari kayu manis dan kopinya ada, dan lebih balance,” imbuh Sendy.

(kiri -kanan) Kakao Oatmilk dan Kayu manis Shaken Oat
  1. Klepon Oat Machiato

Kombinasi segarnya kelapa dan wanginya pandan dipadukan dengan oatmilk dan kopi Batavia,  menghasilkan sensasi yang unik. “Berbeda dengan minuman klepon kopi di luar, kami tambahkan lagi kelapa kering dengan gula nusantara di atasnya. Kan kalau makan klepon pasti ada kelapanya, ya? Nah, itu kita tambahkan, jadi ada rasa kenyal dan gurihnya,” papar Sendy.

  1. Sari Kaya Oat Latte

Masih terinspirasi dari daerah Sumatera, Djournal Coffee menghadirkan perpaduan gurihnya Sari Kaya dilengkapi dengan oatmilk dan kopi nusantara. “Ini inspirasinya dari kopi sanger (campuran kopi, gula dan susu kental manis). Karena asalnya dari Sumatera, kami tambahkan lagi dengan Sari Kaya sehingga rasanya lebih kaya lagi,” pungkas Sendy.

  1. Batavia Oat Espresso

Ini adalah varian rasa yang diminati oleh semua penikmat kopi (Djournalist). Rasanya sederhana, perpaduan gula aren yang manis dengan gula kelapa yang harum, membuat minuman ini lebih creamy. “Kopi lebih berasa creamy tapi manisnya tidak bikin eneg,” ujar Sendy.

  1. Ubi Ungu Oat Latte

Mendengar namanya saja, sudah terdengar unik ya Moms dan Dads. Ungunya ubi berpadu dengan hitamnya kopi. Dan mengejutkan, ternyata ubi ungu sangat cocok lho dipadukan dengan kopi nusantara. Manisnya pas dan cocok di lidah.

  1. Kakao Oatmilk

Penggemar cokelat mari merapat! Cokelat adalah makanan semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Djournal Coofee pun menyediakan minuman non kopi ini untuk melengkapi varian Nusa Rasa Oat Series. Perpaduan 70% kakao atau cokelat khas Sumba dengan oatmilk yang lembut,  benar-benar memanjakan lidah. Tak hanya orang dewasa seperti Moms dan Dads, kalangan anak-anak dan remaja, dijamin pasti juga menyukainya.

“Kami mengambil kopi dari Flores, Sumba. Baru sekitar 2-3 tahun belakangan, mereka memproduksi kakao. Kami ingin mengapresiasi cokelat dari Indonesia,” tegas Sendy.

  1. Pandan Batavia oat Latte

Aroma pandan berbaur dengan gula nusantara khas Djournal, oatmilk dan kopi Batavia blend. “Sirup pandan yang kita gunakan jug aproduksi lokal terus dicampur dengan gula nusantara khas Djournal, jadi bikin minuman ini lebih wangi,” imbuh Sendy.

Ditambahkan oleh Rifan Rahman, Direktur Utama Swara Gembira, kolaborasi bersama Djournal Coffee bertujuan untuk mengkampanyekan keragaman budaya Indonesia. Ada beberapa kegiatan yang digelar, salah satunya pameran wastra atau kain khas nusantara di gerai Djournal Coffee.

“Swara Gembira menyambut baik kerjasama dengan Djournal Coffee dalam Nusa Rasa ini untuk menjangkau lebih banyak anak muda, dan menunjukkan bahwa semangat berbudaya Nusantara tidak melulu terkesan formal, namun sangat fleksibel dan dapat tercermin dari aktivitas keseharian, contohnya budaya ngopi hingga berbusana,” ujar Rifan.

Kegiatan  di atas, juga merupakan bagian dari gerakan “mengIndonesiakan Indonesia” melalui seni, budaya dan kopi dari Nusantara.

Ke-7 varian Nusa Rasa Oat Series tersedia di seluruh gerai Djournal Coffee di Indonesia mulai 8 Agustus hingga akhir September 2022 dengan harga terjangkau mulai dari Rp35.000,00.

Tunggu apalagi, yuk Moms cobain rasa lokal yang unik dan mewah dari Nusa Rasa oat Series!

Foto: Efa, Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *