Foto : JFK

Umumnya, benda akan naik ke atas jika dilemparkan ke arah atas dan kemudian akan terjatuh ke bawah. Namun ternyata, ada pula benda yang bisa bergerak ke atas tanpa dilempar, lho. Benda apa, ya? Kenapa bisa demikian? Berikut percobaannya;

Alat dan Bahan

 

  • Plastik panjang
  • Botol kecil
  • Gelas plastik
  • Corong
  • Sendok kecil
  • Pengaduk
  • Bubuk warna
  • Sabun cair
  • Air

Langkah Percobaan

1.Isi gelas dengan air hingga ¾ gelas. Lalu masukkan bubuk pewarna. Aduk hingga merata. Kemudian masukkan satu sendok makan sabun cair dan aduk kembali hingga tercampur.

2. Ambil plastik panjang, ikat dengan kuat salah satu ujungnya. Masukkan botol kecil ke dalam plastik dari ujung plastik yang belum diikat. Tuangkan campuran bahan di gelas plastik ke dalam plastik panjang menggunakan corong. Lalu, tambahkan air ke dalam kantong plastik panjang. Jangan lupa sisakan sebagian plastik untuk mengikatnya. Ikat dengan kuat ujung kantong plastik tersebut. Berikan sedikit udara atau rongga udara ketika mengikat bagian atas plastik.

3.Cobalah untuk membalik-balikkan plastik ke atas-bawah. Lihatlah, botol plastik kecil akan naik ke arah atas setiap kali kamu membalikkan plastik panjangnya.

Apa Kata Sains
Awalnya, botol plastik kecil berada di bagian atas kantong plastik panjang. Cobalah kamu balikkan kantong plastik panjang tersebut, hingga posisi botol kecil berada di bawah. Amatilah, apa yang terjadi? Ya, botol meluncur naik ke atas. Umumnya benda-benda akan turun, tapi berbeda dengan botol plastik tersebut. Kenapa demikian? Karena botol plastik hanya berisi udara, maka akan membuatnya lebih ringan dibandingkan dengan air yang memiliki massa yang berat, dan akan membuat botol plastik selalu berada di atas air. Benda yang ringan dan hanya berisi udara, jika diletakkan di air, maka benda tersebut akan mengapung. Itu sebabnya botol plastik akan selalu berusaha untuk naik ke permukaan. Sedangkan, sabun memiliki fungsi untuk memperjelas pergerakan udara di dalam plastik panjang. Selain itu, sabun juga membantu botol plastik lebih cepat bergerak naik ke atas.

Percobaan ini dilakukan di:
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148
Pamulang 2 – Tangerang Selatan
Telp: 021- 7463.1039

 

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *