Tanya: Halo namaku Nilam, usiaku 12 tahun. Sebenarnya apa sih kolesterol itu? Apakah anak seusiaku kolesterolnya bisa tinggi, bahayakah? Apa saja penyebab kolesterol tinggi dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih. Nilam, Kelas 6 SD – Jakarta Timur

Jawaban dokter Matheus:
Halo Nilam, kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Dalam kadar yang cukup, kolesterol sebenarnya dibutuhkan untuk membangun jaringan tubuh dan memproduksi hormon reproduksi. Sebaliknya, jika terlalu tinggi, kolesterol dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri, sehingga aliran darah ke jantung menjadi terganggu. Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol normal pada anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa, yaitu kurang dari 200 mg/dL. Dengan kadar kolesterol baik (HDL) lebih dari 40 mg/dL, dan kolesterol jahat (LDL) kurang dari 130 mg/dL.

Tidak hanya orang dewasa, kolesterol tinggi juga dapat terjadi pada anak-anak. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor keturunan, coba cek apakah Papa dan Mama Nilam memiliki kadar kolesterol yang tinggi? Selain itu, kolesterol tinggi pada anak dapat juga dipicu oleh faktor lain, seperti pola makan tidak sehat. Biasanya anak paling suka mengonsumsi makanan yang digoreng, mempunyai rasa gurih, dan juga banyak mengandung lemak, garam, serta gula, misalnya kentang goreng, es krim, cokelat, dan lainnya. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi (terutama lemak jenuh dan lemak trans) dalam jumlah banyak dapat membuat kolesterol dalam tubuh menumpuk, lho. Berat badan berlebih dan kurangnya aktivitas fisik juga menjadi faktor yang membuat kadar kolesterol tinggi. Jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi pada anak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari saat dewasa kelak. Karenanya, cek lagi kebiasaan makan Nilam, ya. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dan jangan lupa berolahraga, ya.

Konsultan : 

Dr. dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *