Di tahun 2022  ini, Kementerian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kembali menyelenggarakan ajang Anugerah  Desa Wisata Indonesia (ADWI) dengan tema “Kebangkitan Ekonomi Demi Indonesia Bangkit”.

Program ini diharapkan dapat kembali menggali potensi desa wisata di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Untuk diketahui, tahun ini ada 3.000 desa wisata yang ikut dalam ajang ADWI 2022.

“Program ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dimana kembali digelar untuk kedua kalinya setelah mendapat atensi besar dari berbagai desa wisata di Indonesia pada tahun sebelumnya,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno. “Kami pelajari kekurangan di tahun lalu, dan kami perbaiki di tahun ini. Tahun ini kami tambah jumlah pendaftar yakni sebanyak 3.000 desa wisata. Dan kami berharap bisa menemukan desa-desa wisata baru lainnya,” tambah Bapak Sandiaga Uno.

Bapak Sandiaga mengatakan bahwa mereka mendapat antusiasme yang sangat besar pada ADWI 2021 sehingga menaikkan jumlah desa wisata yang ikut di ADWI 2022. “Pada masa pendaftaran di tahun 2021, kami hanya menargetkan 10 persen dari total desa wisata, yakni hanya 700 desa. Tapi, kami terkejut karena ternyata yang daftar hampir tiga kali lipat dari target,” kata Bapak Sandiaga.

Bapak Sandiaga juga mengatakan bahwa mereka ingin mencari desa-desa wisata baru di Indonesia yang masih banyak menyimpan potensi. “Banyak yang bisa menjadi contoh bagaimana desa wisata mampu menggerakkan perekonomian sebut saja salah satunya Desa Pujon Kidul (Malang, Jawa Timur) yang bisa menghasilkan miliaran rupiah,” ucapnya.

Pendaftaran sudah dimulai sejak 19 Februari 2022 dan berakhir 31 Maret 2022. Kemenparekraf akan menyeleksi menjadi 300 besar, lalu 100 besar, hingga akhirnya 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Ada tujuh kriteria penilaian yaitu; Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital Kreatif, CHSE, dan Kelembagaan. 50 desa wisata terpilih itu nantinya akan didatangi langsung oleh Menteri Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *