Ikan eksotis asal Amerika ini cukup membuat banyak orang terkejut saat pertama kali ditemukan. Bentuk ikan ini mirip dengan buaya. Wah, seperti apa, ya?

Ikan dengan nama latin Atractosteus spatula ini memiliki tubuh yang sangat besar. Saat dewasa, beratnya bisa mencapai hingga 200 kg dan panjang 3 meter.

Mirip Buaya
Ikan ini diberi nama Alligator (Buaya) Gar karena memiliki kemiripan dengan buaya. Tubuh Alligator Gar berbentuk lurus seperti torpedo. Gigi tajam, mulut maju ke depan dan lebar. Mirip dengan buaya.
Tempat hidupnya ada di rawa-rawa, danau, muara hingga teluk. Di perairan tawar, tapi bisa juga bertahan di perairan payau atau asin.

Pemburu Lamban
Keunikan lain dari ikan ini adalah ketika berburu mangsa sangat lamban dan sunyi. Ia akan mengendap-endap di permukaan air, mengambang, lalu menyergap mangsa yang mendekatinya. Ia sangat rakus hingga bisa memangsa ikan, mamalia kecil di perairan, hingga burung-burung yang sedang mencari makan di rawa-rawa.

Penyeimbang Populasi
Alligator Gar dianggap merusak karena memakan banyak ikan di perairan tawar. Oleh karena itu, banyak yang memburu dan memusnahkannya. Membuat jumlah Alligator Gar semakin sedikit.
Meski demikian, ternyata, ikan ini ikut andil dalam menyeimbangkan populasi perairan, lho, Kids. Ikan ini pun menjadi salah satu spesies ikan yang dilindungi.

 

Teks: JFK     Foto : Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *