Suatu ketika di tahun 2011, di sebuah restoran pizza yang berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Ada satu keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, 2 putra, dan 1 putri kecilnya, sedang asyik makan bersama sambil bercengkrama. Tanpa diduga, sang putri kecil yang kala itu baru berusia 4 tahun, naik ke atas panggung, meminta mikrofon lalu menyanyikan sebuah lagu berjudul Part of Your World.

Tentu saja hal itu cukup membuat kaget kedua orangtua putri kecil itu. Ya, Mama A. Kasandra Putranto dan Papa A. Putranto tak menyangka putri kecilnya yang bernama Allequa Perucha Putranto, memiliki bakat menyanyi, sangat berani, dan bisa hapal lagu berbahasa Inggris tersebut.  Bagaimana Allequa bisa hapal lagu tersebut? Itu berawal dari kesukaan Allequa kecil menonton film-film Disney Princess. Mendengarkan dan menghapal lagu-lagunya, hingga akhirnya anak ketiga dari tiga bersaudara ini bisa menyanyikan satu lagu penuh. Ya, Allequa saat itu sudah hapal dan bisa menyanyikan lagu berjudul Part of Your World yang merupakan lagu dari film animasi Disney berjudul “The Little Mermaid”.

Melihat bakat putri kecilnya itu, sang Mama pun akhirnya memasukkan Allequa ke tempat les. “Sejak saat itu Mama kasih aku ikut les vocal. Sejak umur 6 tahun, les menari, ice skating, menjelang remaja les menari K-pop dan modeling,” ujar siswi kelas 9 SMP Pangudi Luhur, Jakarta.

Temukan Passion Baru

Menjelang remaja, penyuka warna hitam ini pun menemukan passion baru dalam hobinya yaitu paduan suara, menggambar animasi, dan modeling. Ia tekun menghasilkan karya-karya animasi yang diunggah di akun You Tube dan instagram Sakura Luvart, sementara untuk hobi menyanyinya diunggah di akun You Tube dan instagram Allequa Perucha.

Mama dan Papa memang sangat mendukung Allequa sejak kecil. “Aku boleh les, belajar musik, dan menekuni hobi yang lain seperti Wushu, Dance, Ice Skating, dan belajar animasi. Lalu menjelang remaja les modeling dan paduan suara. Mama juga mendorong aku ikut banyak lomba untuk mengasah bakat,” kata gadis kelahiran Jakarta, 13 Juli 2007.

Sejak usia 6 tahun, Allequa sudah aktif mengikuti dan menjuarai beragam perlombaan, baik secara kelompok maupun individu berupa perlombaan: menyanyi solo, menari, bela diri Wushu, story-telling, hingga perlombaan ice skating.

Berbagai prestasi pun berhasil diraih. Beberapa di antaranya pernah menjadi juara, sebut saja; top 20 Little Miss Indonesia 2013, Top 24 Miss Kidzania 2015, None Cilik Bassura City 2016, Wushu dan Ice Skating 2015-2017, dan Best Performer Star Voices 2019.

Sejak tahun 2015, Allequa juga mendukung kampanye perubahan perilaku generasi muda, Attitude Achievement for Titanium Generation (A2G) yang dipelopori oleh sang Mama.

Tetap Aktif saat Pandemi

Pandemi COVID-19 sepanjang 2020-2021 rupanya tak menghalangi Allequa untuk tetap aktif dan berkarya. Ia tetap bersemangat dan aktif mengikuti beragam perlombaan bertaraf nasional maupun internasional.

Membanggakan, karena ia juga selalu berhasil menjadi juara, dengan beberapa kali berhasil mendapatkan medali emas seperti Fiestalonia Millenia Spain, World Virtual Choir, dan Taipei International Youth Choir.

Prestasi lainnya, juara dua Overdozze Kpop Sing Cover, juara dua Junior Kpop Sing Cover, dan juara satu Bintangnya Bintang Ajang Bakat Korean Cultural Center Indonesia pada November 2021. Ditambah lagi dengan membuat 2 album lagu anak, dimana totalnya ada 15 lagu.

Allequa dan kawan-kawan membentuk grup “La Sorelle”

Saat ini, Allequa juga berhasil menjadi finalis 20 Besar GADIS Sampul 2021, dan tetap antusias mengikuti segala kelas virtual dan berbagai kesibukan yang diberikan oleh program GADIS Sampul menuju malam Final 18 Desember 2021.

Dengan tema: My purposeful future, Allequa lolos menjadi finalis Gadis Sampul 2021, bersaing ketat menampilkan potret remaja Indonesia yang aktif, kreatif, bersemangat, tetap positif mencapai tujuan dan cita-cita di masa depan. Membawa pesan inspiratif kepada seluruh remaja Indonesia, walaupun pandemi tidak menyurutkan langkah untuk berprestasi. “Aku ingin menjadi Idol yang bisa menginspirasi banyak orang, dan aku juga ingin menjadi Manga Creator, yang juga bisa membuat cerita yang menginspirasi banyak orang,” ucap Allequa mengutarakan cita-citanya.

Di bulan Desember 2021, bersama sang Mama, Allequa pun telah genap 4 tahun menjadi muse atau model untuk Batik Chic, sebagai bentuk dukungannya untuk pelestarian batik/wastra Nusantara.

Kiat Sukses

Apa, sih, kiat sukses Allequa hingga bisa berprestasi seperti saat ini?

Be passionate at everything you like, keep practicing, and never give up. Jangan patah semangat, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Berkali-kali kalah di berbagai ajang lomba, tidak membuat aku untuk berhenti mencoba. Semboyanku sejak kecil adalah, Winning is Fun, Losing is Fine, Inspiring is Fabulous, and I am still Fantastic,” papar gadis yang mengidolakan BTS dan Aespa ini.

Gadis berusia 14 tahun ini pun mengaku banyak mendapat nasihat dari Mama dan Papa. “Terutama soal sikap. Aku harus bekerja keras karena tidak ada cara mudah untuk menguasai semuanya. Aku harus jadi orang yang jujur, sopan, tangguh, sabar, dan bersemangat,” ungkap Allequa menirukan nasihat Mama dan Papa.

“Kadang aku suka bosan atau kehilangan motivasi di bidang tertentu, karena merasa tidak cukup bagus, atau ada yang menghancurkan semangatku, tapi Mama bilang, hidup ini penuh dengan pintu yang akan membawamu ke sisi lain kehidupan, masuk saja dan lihat apa yang Tuhan berikan padamu, kamu akan selalu dapat menemukan pintu yang lain. Mama juga selalu bilang, manfaatkan momen setiap ada kesempatan,” tutup Allequa.

Foto-Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *