Walau hanya memiliki daun, batang, dan akar saja, namun tumbuhan ini mampu hidup sampai dengan ratusan tahun. Wah, unik, ya? Yuk, kita lihat!

Bisa dibilang, tumbuhan unik ini adalah tumbuhan panjang umur, lho! Karena usianya bisa mencapai 400 – 1.500 tahun. Hehe..

Memiliki nama latin Welwitschia mirabilis. Tumbuhan ini berasal dari biji yang berjumlah ratusan, namun kesempatan tumbuhnya hanya sekitar 1%. Ini dikarenakan faktor tempat tumbuhnya yang sangat terik  dan kurang air. Tak heran karena tumbuhan ini biasanya berada di wilayah gurun pesisir pantai Namibiya dan Angola.

 

Dua Helai Daun

Tumbuhan unik ini akan tumbuh hanya dengan dua helai daun, batang, dan akar. Daun pertama yang tumbuh, akan terus hidup hingga tua. Daunnya akan terus melebar dan menjuntai seperti Alien yang menyeramkan. Batang si Alien juga tidak tumbuh meninggi namun melebar. Tinggi batangnya hanya bisa mencapai dua meter saja. Tapi, ketebalannya bisa mencapai delapan meter lho, Kids!

Jika tumbuhan gurun lain akan mengecilkan daunnya untuk menghindari penguapan dari teriknya matahari. Namun sebaliknya dengan Tumbuhan Alien ini. Ia justru akan melebarkan daunnya hingga menjuntai–juntai seperti Alien. Ini berfungsi untuk melindungi akar dan tanah di dalamnya agar tetap lembab sehingga akar tidak mengalami kekeringan.

 

Bisa Dimakan

Ternyata, daun tumbuhan unik ini bisa dimakan, lho! Daun tanaman ini sering dibuat masakan dalam bara atau dimakan mentah oleh masyarakat sekitar tumbuhan ini hidup. Rasa daunnya seperti bawang. Oleh karena itu, masyarakat Namibiya sering menyebut tanaman ini sebagai Onyanga yang berarti bawang padang pasir. Kalian mau mencicipi Onyanga panggang atau mentah ini, Kids?

 

 

Teks: JFK     Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *