Permasalahan yang sering dikeluhkan para ibu yang masih memiliki bayi maupun balita adalah dermatitis popok. Apa itu? Dilansir dari National Library of Medicine, diaper dermatitis atau dermatitis popok menunjukkan bahwa kulit pada area popok si kecil mengalami reaksi inflamasi. Pada kondisi ini, kulit akan mengalami kemerahan, ruam, bahkan dapat mengelupas pada bagian paha, selangkangan, pinggang dan pantat si kecil. Jika tidak dirawat dengan tepat, maka dapat mengakibatkan infeksi.

Ya, kulit bayi 10 kali lebih sensitif dari kulit orang dewasa dan belum berkembang dengan sempurna. Itulah mengapa, Ibu harus lebih selektif terhadap kebutuhan bayi, termasuk menimbang risiko paparan bahan atau zat tertentu, khususnya pada area popok. Faktanya, sekitar 50% bayi mengalami dermatitis popok dengan usia dibawah 12 bulan.

Menanggapi hal ini, artis cantik Chelsea Olivia jujur mengakui, “Saya juga baru tahu bahwa ternyata 50% bayi mengalami masalah dermatitis popok.” Kenyataan tersebut membuat ibu dari 2 orang ini lantas lebih memperhatikan kebutuhan sang buah hatinya. “Hal ini membuat saya sebagai seorang ibu semakin memerhatikan perawatan yang tepat untuk kulit sensitif Dante,” katanya.

Jangan khawatir Moms, dermatitis popok ini bisa dicegah, kok! Seperti yang ditegaskan oleh dr. S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak. Dermatitis popok, katanya, dapat dicegah dengan manajemen yang baik dari orangtua. Selain menjaga kebersihan kulit, menghindari zat yang bersifat iritan, Ibu juga perlu memperhatikan penggunaan popok sehari-hari si kecil.

“Apalagi, kulit pada area popok si kecil merupakan daerah yang lebih lembap sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan jamur untuk berkembang. Oleh karena itu, ukuran, waktu penggunaan, serta kualitas popok menjadi hal yang harus selalu diperhatikan untuk mencegah terjadinya dermatitis popok pada si kecil,” papar dr. Andreas.

Berbicara tentang popok, Chelsea Olivia menjatuhkan pilihannya kepada MAKUKU Air Diapers Slim. Ia dengan gamblang mengungkapkan alasannya memilih popok tersebut untuk dipakai anak keduanya yang berusia 1 tahun 8 bulan.

“Popok yang dipakai (anak) seharian haruslah saya pilih yang  dapat menyerap cairan secara optimal serta bahannya aman bagi kulit sehingga tidak memicu iritasi. Setelah mengenal MAKUKU Air Diapers Slim, saya menyadari beberapa keunggulannya. Walaupun ketebalannya hanya 1,6 mm, ternyata daya serapnya juga tinggi dan merata, jadi popok tetap dalam kondisi kering ketika dipakai oleh Dante. Cairannya juga terkunci sehingga tidak bocor dan aman untuk kulit sensitif bayi,” imbuh Chelsea.

CEO MAKUKU Indonesia, Jason Lee mengatakan bahwa popok yang tepat juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan kulit area popok pada bayi. “Karena itu, MAKUKU sebagai popok pionir SAP Core Structure, menghadirkan MAKUKU Air Diapers Slim dengan inti SAP Core Structure yang penyerapannya lebih merata, anti gumpal dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. Kemampuannya mengunci cairan dengan baik akan mencegah osmosis balik, anti bocor, dan menjaga permukaan kulit tetap kering sehingga mencegah terjadinya dermatitis popok,” ujarnya.

Jika Moms ingin si kecil terhindar dari dermatitis popok, MAKUKU Air Diapers Slim bisa dijadikan solusi. Hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) mulai dari Rp. 61.900,00 hingga Rp. 119.900,00.

Moms bisa membeli MAKUKU Air Diapers Slim di MAKUKU Family, Transmart di Pulau Jawa dan Bali, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dapat mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

Foto: Ist

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *