JAKARTA, majalahjustforkids.com – Rabu, 13 Juli 2022 kemarin, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Program Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) menggelar acara “Graduasi Peserta Fellowship: Pers dan Komunikasi Risiko dalam Krisis Kesehatan.”

Acara ini merupakan selebrasi berakhirnya kepesertaan pelatihan sekaligus informasi terkait karya jurnalistik berbasis komunikasi risiko yang telah berhasil dipublikasikan.

Hadir memberikan kata sambutan dalam acara yang digelar secara virtual ini, Mr. John Leigh, Team Leader AIHSP dan Ketua Umum AJI Sasmito.

Hadir pula Dini Suciatiningrum-Jurnalis IDN Times, Maratun Nashihah-Jurnalis Suara Merdeka, dan Gitamy Armyatiningrum-Jurnalis CNN Indonesia TV, dimana ketiganya telah menyelesaikan pelatihan dan karya jurnalistiknya yang berbasis komunikasi risiko, telah dipublikasikan.

Acara yang terbuka untuk para jurnalis, lembaga pemerintah, mahasiswa, kelompok disabilitas, dan umum ini juga menghadirkan Perwakilan dari Kementerian Kesehatan serta AIHSP.

Untuk informasi, pelatihan sudah berjalan sejak 28 Maret lalu dan berakhir pada 24 Juni 2022. Ada 25 peserta yang lolos mengikuti pelatihan. Terdiri dari; jurnalis media cetak, online, dan elektronik, berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Bapak Sasmito menekankan pentingnya komunikasi risiko dalam penanganan bencana, termasuk dalam penanganan COVID-19 karena komunikasi yang buruk dapat membahayakan masyarakat.

“Awal pandemi kita mengenal istilah lockdown. Lalu ganti jadi PSBB, ganti lagi jadi PPKM Mikro. Itu tentu menyulitkan masyarakat untuk memahami komunikasi pemerintah tersebut. Nah, disinilah peran jurnalis yang memudahkan masyarakat memahaminya,” kata Bapak Sasmito.

Ibu Citra Lestari, Perwakilan dari AIHSP pun sangat berterima kasih pada AJI yang mau bekerja sama  menggelar pelatihan dan fellowship tentang komunikasi risiko ini. “Saya ingin kersa jama ini bisa berlanjut terus sampai 2025, tidak hanya komunikasi risiko, tapi juga hal-hal lain,” harapnya.

Senior Health Security Advisor AIHSP sekaligus Ketua Tim Ahli Satgas COVID Jateng, Anung Sugihantono juga mengapresiasi langkah AJI bekerja sama dengan AIHSP dalam mencerdaskan bangsa dan meningkatkan literasi masyarakat.

“Penguatan komunikasi risiko harus dikedepankan yang dapat menjadi bagian tindak lanjut untuk semua kejadian luar biasa atau kedaruratan kesehatan masyarakat,” sarannya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *