Morinaga Heiko+ Water Dukung Kemurnian Nutrisi Anak Sejak Dini

Sudahkah kamu cukup minum hari ini? Ya, air sangat penting manfaatnya bagi tubuh. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa kebutuhan cairan harian anak usia usia 0-1 tahun berkisar antara 700 ml-800 ml; usia 1-3 tahun memerlukan 1300 ml; usia 4-8 tahun sebanyak 1700 ml; dan usia 9-13 tahun memerlukan 2400 ml (laki-laki) dan 2100 ml (perempuan). Nah, kebutuhan air ini bisa dipenuhi dari beragam sumber seperti cairan dari air putih, buah, susu, ASI, juga makanan berkuah.

Air putih, adalah salah satu sumber cairan yang paling mudah didapatkan. Meskipun begitu, kita harus memerhatikan kualitas dan higienitasnya, jangan asal minum air putih. Sebab, berdasarkan data dari WHO tahun 2003 (Feeding and nutrition of infants and young children), kontaminasi makanan (termasuk air minum) oleh agen mikroba adalah salah satu penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil.

Selain itu, mengingat pencernaan bayi atau balita masih lemah, mereka memerlukan air minum yang lebih natural dan alami sebagai pelarut susu, bubur atau makanan pendamping ASI lainnya.  Dan tak kalah penting, air minum tersebut sebaiknya tidak mengganggu kandungan nutrisi dari asupan yang mereka konsumsi.

Ya, pada adik bayi yang sudah mengenal Makanan Pendamping ASI (MPASI), Bunda biasanya melarutkan susu bubuk atau bubur menggunakan air mineral. Tapi ternyata, kandungan mineral di dalamnya secara signifikan dapat mengubah dan menambahkan kandungan mineral pada susu atau makanan pendamping ASI. Hal tersebut disampaikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui perwakilannya Dr. Fery Rahman, MKM selaku Wakil Sekretaris Jendral PB IDI.

“Dalam konteks melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, air demineral atau bebas mineral adalah air yang ideal digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI karena tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya. Sedangkan melarutkan susu atau makanan pendamping ASI dengan air mineral, berpotensi meningkatkan kandungan mineralnya sehingga komposisi nutrisinya menjadi tidak sama lagi atau berubah,” jelas Dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals.

Karena bebas mineral, Heiko + Water tidak memengaruhi jumlah mineral dari makanan yang diolah dengan menggunakan air, contohnya untuk melarutkan susu bubuk, bubur & biskuit bayi, minuman serbuk dan lain-lain

Ia melanjutkan, bahwa dalam konteks air minum sehari-hari, air demineral atau bebas mineral sangat aman karena berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, juga dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi.

Terlebih pada bayi di bawah usia 2 tahun. Mengingat pencernaan bayi masih lemah, mereka memerlukan air minum yang lebih natural dan alami sebagai pelarut susu, bubur atau makanan pendamping ASI lainnya.

Ada kabar baik! Kalbe Nutritionals dan Morinaga Research Center Jepang yang telah berpengalaman mendukung nutrisi dan kesehatan keluarga selama lebih dari 100 tahun, telah meluncurkan inovasi terbaru berupa Morinaga Heiko+ Water.

Ini adalah air minum dalam kemasan (AMDK), berupa air murni yang bebas mineral dan bakteri, steril juga higienis yang diproses melalui 8 tahapan untuk menghasilkan kualitas air murni terbaik dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Heiko+ Water juga telah memenuhi standard BPOM, SNI dan memiliki sertifikat halal LPPOM MUI.

Air minum kemasan ini tidak mengandung BP-A (Bisphenol A) yang berbahaya untuk kesehatan dan aman dikonsumsi seluruh anggota keluarga

“Bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kalbe Nutritionals menggagas kampanye Dukung Kemurnian Nutrisi Anak Sejak Dini melalui pemilihan air yang tepat untuk yang terkasih, seperti air bebas mineral dan bakteri yang dapat digunakan sebagai pelarut susu, bubur, minuman serbuk, atau makanan pendamping ASI, yang diharapkan mampu melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak merubah komposisi susu dan makanan pendamping ASI yang sudah dibuat sesuai dengan standar BPOM,” ujar Ibu Helly Oktaviana, Senior Group Business Unit Head For Kids Nutrition.

Sejalan dengan gerakan Bebas Plastik yang sedang digalakkan masyarakat dan pemerintah, Morinaga Heiko+ Water turut mendukung penyusutan limbah plastik dengan kemasan botol yang bebas BPA (bahan kimia yang digunakan dalam proses pembuatan botol dari plastik) dan bisa didaur ulang.

“Melalui Morinaga Heiko+ Water, kami hadir untuk mendukung Bunda Indonesia dalam memastikan asupan nutrisi terbaik untuk keluarga dan buah hati, untuk kelak bisa membangun generasi platinum,” tutup Ibu Helly.

Foto: dok.Morinaga

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *