DANA dan JNE Bersinergi Dukung Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia

“Wah, banyak sekali uang Lebaranku. Dari Ayah, dari Ibu, dari Kakek, dari Nenek, dari Paman, dan dari Bibi. Hmm…sebaiknya kuapakan, ya, uang ini?”

Ya, begitulah kira-kira yang dipikirkan anak kecil seperti kita, Kids. Ketika hari raya Idul Fitri tiba, semua orang bergembira menyambutnya. Termasuk anak-anak seperti kita, Kids. Kenapa? Karena biasanya para orang tua dan saudara kita, memberi uang Lebaran kepada anak kecil. Jika dikumpulkan, pasti hasilnya banyak, bukan? Nah, biasanya uang ini akan habis dalam sekejap jika kita tidak pandai mengelolanya. Karena dengan kita memiliki banyak uang, tentu banyak pula impian dan keinginan yang ingin kita wujudkan dengan uang tersebut. Bagaimana, ya, cara memanfaatkan uang Lebaran biar tidak habis sia-sia? Yuk, kita simak tipsnya!

Pengeluaran

Kita harus tahu dulu apa itu pengeluaran. Pengeluaran adalah uang yang dikeluarkan untuk memenuhi kewajiban, kebutuhan, dan keinginan. Tidak hanya orang dewasa yang memiliki pengeluaran, namun anak-anak juga memiliki pengeluaran, lho, Kids! Pengeluaran untuk memenuhi kewajiban adalah pengeluaran wajib yang harus kita keluarkan, kalau tidak, maka kita akan mendapatkan sanksi (hukuman atau denda). Contoh, membayar uang sekolah dan membeli buku pelajaran. Kalau kita tidak membayar uang sekolah atau membeli buku pelajaran, maka kita akan mendapatkan sanksi dari sekolah dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar.

Lalu, ada juga pengeluaran kebutuhan, yaitu pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan kita. Kalau kita tidak memenuhi pengeluaran ini, maka tidak akan ada sanksi. Namun, kebutuhan kita tidak terpenuhi. Contohnya, pengeluaran untuk makan dan minum.

Kalau yang ini pengeluaran untuk keinginan, yaitu pengeluaran yang dilakukan untuk membeli sesuatu yang diinginkan sejak lama. Seperti membeli mainan. Yang paling sulit adalah mengendalikan keinginan. Nah, di sini biasanya kita dibilang boros. Untuk itu, kita harus belajar mengendalikan keinginan. Dengan cara memberikan batasan pada keinginan yang ingin kita beli. Seperti keinginan akan hobi membaca novel, main mobil-mobilan, dan boneka, maka kita harus membatasi pengeluaran. Dengan cara menentukan anggaran pada tiap keinginan.

Hal-Hal yang Harus Diingat Saat Akan Membelanjakan Uang

  1. Kita harus punya bayangan bahwa uang yang ada sekarang itu, ingin dipakai apa?
  2. Apakah akan ada sisa uang bila dibelikan mainan yang diinginkan? Kalaupun ada sisa uang sedikit setelah membeli mainan, apakah kalian bisa menerima sisa yang sedikit tersebut?
  3. Kita juga harus bisa merencanakan uang yang kita punya itu untuk apa saja? Sehingga tidak habis begitu saja.

Tips Memanfaatkan Uang Lebaran

  1. Segeralah menyimpan uang yang kita miliki di tabungan, agar dapat berfikir secara rasional untuk penggunaan uang dan lebih bermanfaat. Karena biasanya ketika uang ada di tangan, maka secara psikologi, kita akan berada di bawah tekanan untuk segera menghabiskan uang tersebut.
  2. Kita harus bisa merencanakan untuk apa saja uang yang kita punya.
  3. Setelah kita memikirkan penggunaan uang tersebut dan manfaatnya, barulah kita bisa mengambil seperlunya untuk dibelanjakan.

Selamat mencoba, Kids!

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *