Tanya : Namaku Salsabila saat ini aku kelas 3 SD. Bulan depan, di sekolahku akan diadakan imunisasi DPT kepada semua murid. Tapi, masalahnya aku paling takut disuntik. Bagaimana ya, biar aku tidak takut saat disuntik? Terima kasih. Salsabila, 9 tahun – Depok, Jawa Barat

Jawab: Ketakutan terhadap jarum suntik merupakan hal yang wajar, utamanya bagi anak-anak seusia kamu. Ketakutan terhadap jarum suntik bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti: 

  • Berusahalah mengubah pola pikir. Mengubah pola pikir terhadap suatu hal sering kali merupakan cara terbaik untuk memulai atasi rasa takut. Sebagai contoh, jika kita berpikir bahwa “jarum suntik akan terasa menyakitkan”, atau “aku takut sekali menghadapi jarum suntik”, maka hal tersebut hanya akan membuat kita semakin takut. Sebaiknya, katakan sesuatu pada diri sendiri seperti “jarum suntik mungkin akan terasa sedikit sakit, tetapi obat atau vaksin yang diberikan lewat suntikan baik sekali untuk kesehatanku.” Dengan menanamkan hal tersebut maka akan mengurangi ketakutan kita terhadap jarum suntik.
  • Mengalihkan Perhatian. Mengalihkan perhatian dari jarum suntik saat hendak disuntik adalah teknik terbaik untuk mengatasi rasa takut disuntik. Misalnya, Salsabila bisa mengalihkan perhatian dengan membawa mainan favorit atau makanan kesukaan. Atau saat hendak disuntik bisa mengalihkan perhatian dengan cara mengobrol dengan teman, guru atau orangtua.
  • Makan makanan manis. Makanan manis, seperti permen atau minuman mengandung gula juga bisa menjadi pengalih rasa takut yang manjur. Rasa manis bisa membantu meningkatkan endorfin yang akan mengurangi rasa sakit.
  • Menggunakan plester atau krim penghilang rasa sakit. Plester atau krim penghilang rasa sakit tersedia untuk membantu melawan rasa sakit. Plester atau krim ini bisa digunakan satu jam sebelum disuntik. Dengan begitu ketika disuntik, kita sudah tidak merasa sakit lagi.

Konsultan:

dr. Yun Istatik
Dokter Umum
RS Pondok Indah – Pondok Indah, Jakarta Selatan

(Ilustrasi : Agung)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *