Tanya: Namaku Mikka, usiaku 10 tahun, aku paling malas minum air putih. Sebenarnya, aku paling suka minuman manis, tapi Mama selalu marah kalau aku minum manis terus. Bagaimana ya dokter biar aku menyukai air putih seperti aku minum minuman manis? Berapa gelas aku harus minum air putih dalam sehari? Terima kasih. Mikka, Kelas 5, Bekasi

Jawab: Terima kasih Mikka atas pertanyaannya. Air putih sangat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi air putih yang dianjurkan dalam sehari untuk anak di bawah 12 tahun sebesar 1,2 liter atau 6 gelas sehari. Sedangkan untuk usia di atas 12 tahun sama dengan kebutuhan minum air putih dewasa yaitu sebesar 2 liter sehari.

Kalau Mikka kurang minum air putih maka akan menyebabkan tubuh Mikka mengalami dehidrasi, lemas, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, susah buang air besar, otot menjadi kaku, kulit mengkerut, dan nyeri berkemih hingga bisa terbentuk batu saluran kemih, turunnya tekanan darah, pingsan, dan gangguan fungsi tubuh lainnya.

Supaya menyukai air putih, Mikka bisa membawa air putih dalam botol minuman yang disukai dan boleh ganti-ganti botol setiap harinya. Minum air putih dapat dilakukan 1 gelas sebelum dan sesudah makan, saat bangun tidur, atau saat akan tidur malam. Kurangi minum minuman manis yang berlebihan, karena tidak baik bagi kesehatan, dapat meningkatkan risiko kegemukan, kerusakan gigi, dan penyakit diabetes di kemudian hari.

Konsultan :

dr. Fransiska Farah, Sp. A, M.Kes
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung) 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *