McDonald’s Indonesia Luncurkan Kampanye Makin Kenal Makin Sayang

Kalau makan di McDonald’s Indonesia, apa yang kalian pesan, Kids? Ayam goreng, kentang goreng, pie, atau es krim? Pernah penasaran nggak sih, seperti apa proses pembuatan kentang gorengnya sehingga bisa renyah seperti itu, minyak gorengnya, kebersihannya, dan sebagainya? Sekarang, baik Mama, Papa, maupun kamu, tak perlu penasaran lagi, lho!

Sebab, kita bisa loh mengunjungi dapur restoran McDonald’s Indonesia dan memperhatikan bagaimana Kakak-kakak yang bekerja di dapur restoran, menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman untuk kita santap. Program itu dinamakan Open Kitchen.

Ya, pada hari Sabtu (22/02/20) lalu, McDonald’s Indonesia resmi meluncurkan kampanye ‘Makin Kenal Makin Sayang’. Ini adalah cara mereka untuk membuat kesempatan kepada konsumen untuk mengetahui lebih dalam mengenai komitmen mempertahankan kualitas makanan dan minumannya dari waktu ke waktu.

McDonald’s Indonesia Luncurkan Kampanye Makin Kenal Makin Sayang

Bersamaan dengan peluncuran itu, mereka juga membuka microsite khusus yang dapat diakses melalui www.mcdonalds.co.id/makinkenalmakinsayang. Di sini, kamu bisa menemukan segala macam informasi mengenai produk McDonald’s, bagaimana mereka menjaga kebersihan restoran, serta komitmen dalam mengutamakan kepuasan pelanggan, mulai dari memilih para pemasok, membantu dan mengawasi para petani dan peternak, hingga tahap bahan pangan tersebut diolah dan disajikan kepada konsumen.

Seperti kita tahu, di zaman serba digital ini segala macam informasi bisa diakses di internet. Tapi nggak semua informasi yang beredar itu benar. Terkadang ada saja berita bohong, yang ironisnya cepat sekali tersebar melalui media sosial ataupun chat. Dan mereka yang menerima bisa saja menelan mentah-mentah informasi tersebut, tanpa mengecek kebenarannya dulu.

Itu pula yang menjadi salah satu alasan McDonald’s Indonesia meluncurkan kampanye dan  microsite Makin Kenal Makin Sayang. “Lewat kampanye ini, kami mengharapkan kedekatan dan keterbukaan tercipta demi meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen kami. Konsumen bisa mencari tahu rasa penasaran mereka di microsite ini, bisa pula langsung datang mengunjungi dapur restoran dengan mendaftar dulu lewat fitur Open Kitchen,” ujar Bapak Michael Hartono, Marketing & Communications Director McDonald’s Indonesia saat ditemui di McDonald’s Kemang, Jakarta (22/02/20).

(ki-ka) Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia; Michael Hartono, Marketing & Communications Director McDonald’s Indonesia; dan Bintang Aritonang, Senior Director of Supply Chain & Quality Assurance, McDonald’s Indonesia pada acara peluncuran kampanye Makin Kenal Makin Sayang di daerah Kemang, Jakarta (22/02/20)

Fitur yang dapat diakses oleh konsumen dalam microsite tersebut antara lain Produk Kami , Restoran Kami serta Komitmen dan Tanggung Jawab Kami. Di fitur Produk Kami, konsumen dapat menemukan berbagai informasi mengenai menu dan bahan baku yang digunakan oleh McDonald’s, misalnya rahasia di balik renyahnya French fries McDonald’s, asal pasokan daging sapi McDonald’s atau proses pembuatan Chicken McNugget. Di bagian Restoran Kami, konsumen akan mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan restoran McDonald’s, seperti seberapa sering McDonald’s membersihkan area dapur. Sedangkan di bagian Komitmen dan Tanggung Jawab Kami, konsumen dapat mengenali lebih dalam bagaimana McDonald’s memastikan menu yang disajikan berkualitas, halal dan aman dikonsumsi. Di bagian tersebut misalnya dijelaskan dari mana McDonald’s mendapatkan pasokan ayam dan bagaimana kontribusi McDonald’s terhadap animal health welfare.

Lalu, di fitur Open Kitchen, siapapun  yang tertarik untuk melihat langsung dapur McDonald’s dan melihat bagaimana menu favorit mereka disiapkan, bisa mendaftar. Program ini akan diluncurkan pada Maret 2020 dan untuk tahap I akan dilakukan di 17 lokasi restoran di Jabotabek dan Bandung.  Jadwal Open Kitchen ditetapkan setiap Senin minggu ke 2 dan minggu ke 3 pukul 15.00 dengan maksimal 6 orang per sesi kunjungan. Selesai mendaftar, konsumen akan dihubungi dalam waktu 2×24 jam untuk informasi lokasi dan waktu kunjungan.

Gebrakan  Open Kitchen ini bisa dibilang sangat berani dan mungkin satu-satunya di Indonesia, yang dengan terbuka mengajak konsumen umum untuk berkunjung ke dapur restoran. Apa McDonald’s Indonesia tidak takut di ‘intip’ oleh pesaingnya, ya?

Terkait hal itu, Bapak Bintang Aritonang, Senior Director of Supply Chain & Quality Assurance, McDonald’s Indonesia menanggapi dengan santai. “Kami sangat percaya diri. McDonald’s Indonesia selalu memastikan kualitas produk yang disajikan kepada konsumen dengan menerapkan standar keamanan dan kualitas pangan yang ketat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya memastikan suplier memperhatikan unsur food safety, animal welfare, dan biosecurity serta secara berkala melakukan uji kelayakan serta audit oleh pihak yang berkompetensi terhadap semua suplier bahan makanan dan minuman yang dipakai di seluruh restoran di Indonesia.

Untuk memastikan para konsumen, terutama anak-anak mendapatkan asupan yang baik,  McDonald’s Indonesia memerhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sekarang, para orangtua bisa mengetahui takaran nutrisi dan kandungan dalam setiap produk Happy Meal. Ke depannya, bukan hanya Happy Meal, namun makanan untuk dewasa juga akan mencantumkan jumlah kalori atau kandungan gizi.

Selain kandungan nutrisi, mereka juga mengurangi penggunaan bahan-bahan artifisial dalam setiap produknya. “Di tahun 2022, kami menargetkan semua produk makanan dan minuman bebas dari bahan-bahan artifisial,” tutup Bapak Bintang.

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *