Jakarta, majalahjustforkids.com – Seiring dengan peringatan Hari Perempuan Sedunia tahun ini yang memiliki tema DigitALL: Inovasi dan Teknologi untuk kesetaraan dan keadilan Gender, Practicum Indonesia membuka lebih banyak kesempatan untuk belajar digital melalui program yang lebih fleksibel dan praktis yang dapat dikerjakan paruh waktu dan juga didukung oleh para mentor ahli dibidangnya.

Menurut laporan yang dikeluarkan BCG di tahun 2020, persentase perempuan yang bekerja dibidang teknologi di Indonesia baru mencapai 22 persen dari seluruh tenaga teknologi di Indonesia, meski separuh populasi adalah perempuan. Jumlah perempuan yang menyelesaikan pendidikan hingga mendapatkan pekerjaan memang mengalami penurunan bahkan sejak usia pendidikan menengah. Tantangan ini disebabkan banyak faktor antara lain ekonomi, aksesibilitas pendidikan, dan juga kesempatan karir yang memungkinkan perempuan bekerja dan berkeluarga.

Karir di bidang digital dipertimbangkan menjadi salah satu pilihan yang menarik dan ideal bagi perempuan karena memiliki fleksibilitas dalam mengatur peran dan waktunya bahkan memiliki kesempatan untuk bisa dikerjakan dari mana saja. Namun akses untuk mempelajari keterampilan digital seringkali dibayangi oleh mitos bahwa seseorang harus memiliki pendidikan tertentu serta waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga banyak perempuan yang mengurungkan niatnya serta mencari pilihan yang lebih sesuai dengan keadaan keluarganya.

Dengan misi membuka kesempatan belajar digital dan teknologi seluas-luasnya di seluruh dunia serta memberikan aksesibilitas bagi setiap orang memiliki karir dan kehidupan yang lebih baik lagi, Practicum menciptakan program digitalnya untuk bisa dijalankan siapa saja baik dengan paruh waktu maupun penuh waktu.

Herdian Mohammad, Southeast Asia Director Practicum, menuturkan, “Practicum percayaakan potensi dari teknologi untuk membuka dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan mendukung seluruh masyarakat Indonesia untuk memperkuat dan menambah keterampilan serta kecakapan digital, termasuk untuk perempuan. Saat ini lebih dari sepertiga murid di Indonesia adalah perempuan yang datang dari berbagai macam latar belakang, seperti murid dan bahkan bidan. Kami ingin lebih banyak perempuan bisa melihat dan mengambil kesempatan untuk membangun karir didunia digital dan teknologi.”

Jenny Drezin, VP Global Communications Practicum menambahkan, “Practicum memberikan akses seluasnya untuk menjadi tenaga digital siap kerja di seluruh dunia. Dengan program yang fleksibel dan praktis, Practicum memberikan kesempatan bagi perempuan dengan latar belakang apapun. Kami telah membantu ribuan perempuan dari Amerika, Eropa, dan juga Asia untuk pindah karir ke digital dan teknologi. Kami berharap juga bisa turut mendukung Indonesia dalam mencetak 2 juta tenaga profesional IT pada tahun 2050”

Beragam program yang ditawarkan oleh Practicum berdasarkan profesi; Data Scientist, Data Analyst, dan Web Developer banyak diminati oleh para fresh graduate di seluruh dunia yang tertarik pada bidang teknologi yang ingin bertumbuh serta bekerja di lingkungan   modern dan ingin meningkatkan keahlian mereka, hingga para pekerja profesional yang ingin memahami pentingnya sebuah literasi data dibidang teknologi dan percaya pada pentingnya pengembangan diri yang aktif. Practicum telah menghasilkan lebih dari 6,000 alumni yang lulus di seluruh dunia. Selain itu, hampir 80 persen alumni Practicum telah langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus tanpa pendidikan teknis dan 70,4 persen alumni Practicum berhasil mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki pengalaman dibidang TI sebelumnya.

Practicum memastikan lulusannya memiliki standar internasional dengan metode praktek menggunakan data yang nyata dan berasal dari studi kasus perusahaan global. Tahun ini, Practicum masuk ke dalam salah satu program terbaik di dunia yang masuk ke dalam The Best 41 Online Bootcamps.

Untuk memperluas kesempatan bagi seluruh perempuan di Indonesia yang ingin menjadi profesional diindustri teknologi dan digital, maka Practicum Indonesia memberikan penawaran khusus di bulan Maret 2023 ini. Bagi perempuan Indonesia yang mendaftar hingga akhir Maret 2023 akan mendapatkan harga khusus.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *