Tak terasa ya, Kids, kita sudah memasuki tahun 2022. Tahun 2020 dan tahun 2021, Indonesia dan negara lainnya harus berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Vaksinasi pun digalakkan untuk berbagai usia, mulai dari lansia hingga anak-anak. Nah, di tahun 2022 ini giliran vaksin untuk kalian, Kids. Selain vaksinasi anak, hal lain apa, ya, yang bakal digelar di tahun 2022?

  1. Vaksin Covid-19 untuk Anak

Vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang sudah dimulai pada Desember 2021, akan terus berlanjut di tahun 2022.

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, anak usia 6-11 tahun bisa mulai mendapatkan vaksinasi jika sudah memenuhi dua kriteria yaitu daerah tersebut sudah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai aturan yang berlaku.

Adapun komposisi vaksin dewasa dan anak tidak berbeda, namun dosis untuk setiap jenis vaksin Covid-19 berbeda. Vaksin Sinovac; dosis anak dan dewasa sama. Vaksin Pfizer; untuk remaja dosis sama dengan dewasa sedangkan usia di bawah 12 tahun perlu dosis lebih kecil (setengah dosis dewasa).

  1. Piala Dunia

Federasi sepak bola dunia FIFA resmi mengumumkan jadwal putaran final Piala Dunia 2022. Turnamen yang berlangsung di Qatar ini akan digelar pada November hingga Desember 2022 mendatang.

Piala Dunia sendiri merupakan event sepakbola empat tahunan. Penyelenggaraan terakhir pesta sepakbola ini pada tahun 2018 di mana Russia menjadi tuan rumahnya.

Untuk tahun 2022, FIFA menetapkan bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah pesta sepakbola tersebut. Namun penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah ini menimbulkan pro kontra karena faktor suhu yang panas di musim panas. Inilah yang membuat penyelenggaraan piala dunia yang biasanya digelar pada pertengahan tahun (Mei, Juni atau Juli) digeser menjadi akhir tahun yaitu November-Desember.

Piala Dunia 2022 menjadi turnamen pertama yang tidak digelar di musim panas, karena suhu selama Juni dan Juli – jadwal Piala Dunia biasanya – sangat tinggi di Timur Tengah. Untuk itu, dipindahkan ke musim dingin sehingga suhu udara di sana jauh lebih bisa diterima. Untuk diketahui, suhu musim panas rata-rata di Qatar berkisar 35-45 derajat celcius, sedangkan di musim dingin suhunya turun menjadi rata-rata 16 derajat celcius hingga 24,5 derajat celcius.

 3. Presidensi G20

Berdasarkan situs Kemenko Perekonomian, Presidensi G20 (Group of Twenty) adalah posisi di mana sebuah negara menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G20 (forum internasional yang membahas berbagai isu di bidang perekonomian dunia).

Untuk tahun 2022, Indonesia terpilih dan tengah mempersiapkan penyelenggaraan forum yang berlangsung sejak 1 Desember 2021. Forum tahunan ini terdiri dari 20 negara yaitu AS, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Korea Selatan, Jepang, Cina, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, dan Uni Eropa. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.

Penetapan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dilakukan saat KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi pada 22 November 2020 lalu. Serah terima dari Presidensi G20 saat ini, yaitu Italia ke Indonesia dilakukan pada KTT G-20 yang dilaksanakan di Roma, Italia pada Oktober 2021. Indonesia memegang kepercayaan ini untuk satu tahun, terhitung mulai 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022. Ini pertama kalinya Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20 sejak dibentuknya G20 pada tahun 1999.

  1. Formula E

Formula E adalah kompetisi balap mobil listrik antar negara. Di tahun 2022 ini akan digelar di ibukota Jakarta.

Kejuaraan tersebut digagas pertama kali pada tahun 2011 oleh Jean Todt, presiden FIA (Federasi Otomotif Internasional), badan yang mengatur balap mobil dunia. Balapan pertama digelar di Beijing, Cina pada September 2014. Sejak 2020, Formula E pun menjadi sebuah kejuaraan dunia.

Kejuaraan Formula E saat ini diperebutkan oleh dua belas tim dengan masing-masing dua pembalap. Olahraga yang berkembang pesat ini menampilkan mobil balap bertenaga listrik yang mirip dengan mobil Formula Satu. Balapan berlangsung di sirkuit jalan raya yang panjangnya 1,9 hingga 3,4 km.

Balapan ini digelar untuk bisa mengangkat industri mobil listrik sekaligus sebagai usaha untuk mendukung pengurangan emisi karbon dioksida dan menggantinya dengan listrik yang dianggap lebih hemat bahan bakar.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *