Ratusan warga terlihat memadati Lapangan Sepak Bola Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, di siang yang terik, Rabu, 30 Oktober 2019 lalu. Mereka nampak bahagia karena apa yang mereka butuhkan akan segera terpenuhi. Ya, air bersih. Sebab, sudah lebih dari 5 bulan lamanya, Desa Ridogalih mengalami kekeringan akibat hujan yang belum juga kunjung datang. Sawah-sawah mengering, sumur dan mata air kering, aliran sungai juga mengering. Air bersih pun sangat sulit untuk didapatkan. “Akhirnya kita terpaksa membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari,” ucap Ibu Darsih, nenek dari dua cucu yang juga harus merawat dua orangtua.

Water Truck 2.0 dengan Kapasitas 20 Ribu Liter Air

Ya, Ibu Darsih yang berasal dari keluarga sangat sederhana dan sudah tidak memiliki suami ini, kini bisa bernapas lega karena tidak harus membeli air galon lagi untuk kebutuhan keluarganya. Sebab, pada hari itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) resmi memperkenalkan armada barunya. Armada tersebut kelanjutan dari armada tangki air yang sebelumnya sudah beroperasi, yaitu Water Truck (truk air). Kali ini Water Truck diberi dua fungsi tambahan berupa semprotan di bagian atas dan bawah tangki air. Selain bisa mendistribusikan keperluan air bersih (sumber air bersih) juga bisa digunakan untuk memadamkan api, dan membersihkan jalan dari lumpur akibat kebanjiran ataupun bencana alam lainnya.

Enop Can (paling kanan), Camat Cibarusah Mendampingi Ahyudin (tengah), Ketua Dewan Pembina ACT saat Meresmikan Peluncuran Humanity Water Truck di Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat
Selain Distribusi Air Bersih, Water Truck juga Bisa Digunakan untuk Memadamkan Kebakaran dan Membersihkan Jalan Akibat Banjir

Peluncuran Water Truck 2.0 ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina ACT Bapak Ahyudin, Presiden ACT Bapak Ibnu Khajar, Camat Cibarusah Bapak Enop Can, Bapak Lurah setempat, Bapak Kapolsek setempat, dan Kepala Babinsa setempat. “Desa Cibarusah merupakan salah satu desa yang paling terdampak kekeringan. Dari 840 hektar, sebanyak 600 hektar lebih adalah sawah dan sekarang sudah kering kerontang. Tidak hanya di Ridogalih. Hari ini secara serentak kita juga luncurkan Water Truck di 21 Provinsi di Indonesia yaitu di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Totalnya ada 1 juta 200 ribu lebih liter air yang kita distribusikan,” terang Bapak Ahyudin.

“Kami sangat bersyukur dan sangat berterima kasih atas kepedulian serta bantuan yang diberikan oleh para donatur melalui tim ACT. Semoga jadi amal ibadah dan dicatat Allah SWT, Aamiin,” tutur Bapak Enop Can.

Humanity Food Truck yang Mendistribusikan Makanan Sehat Siap Santap Gratis
Ambulans Pre-Hospital yang Memberikan Layanan Kesehatan Gratis

Untuk diketahui, acara peluncuran Water Truck yang diadakan di Desa Ridogalih juga turut diramaikan dengan kehadiran dua armada kemanusiaan ACT lainnya, yaitu Humanity Food Truck yang menyediakan ratusan paket makanan sehat siap santap gratis serta Ambulans Pre-Hospital yang memberikan layanan kesehatan gratis untuk warga.

Foto-Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *