JAKARTA, majalahjustforkids.com – Stres atau depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental/jiwa. Depresi terjadi karena seseorang tidak memiliki mental yang kuat. Yuk, miliki sikap-sikap berikut agar kamu menjadi pribadi yang kuat, tidak mudah stres ataupun depresi:

  1. Percaya Diri

Percaya diri berarti kamu yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu akan berani untuk mengambil suatu tantangan, mampu menangani situasi yang sulit hingga bertanggungjawab terhadap keputusan yang telah kamu ambil. Singkatnya, kepercayaan diri adalah apa yang kamu rasakan dan pikirkan tentang diri kamu sendiri.

  1. Bertanggung Jawab

Apapun yang kamu katakan, lakukan ataupun perbuat, harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Biasanya, orang yang tidak bermental kuat, akan cuek dengan apa yang mereka katakan atau perbuat, sehingga ketika dimintai pertanggungjawaban, akan kebingungan sendiri.

  1. Tepat Waktu

Peribahasa mengatakan “waktu lebih berharga daripada uang” karena kamu bisa menghasilkan uang tapi tidak demikian halnya dengan waktu. Maka tepat waktulah dalam segala hal dan jangan sering-sering menunda. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat ini. Kamu pasti bisa jika membiasakannya mulai sekarang. Sebab, sikap sering menunda akan membuat kamu pada akhirnya akan tumbuh menjadi orang yang hidupnya semau sendiri.

  1. Berani Mengakui Kesalahan

Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Namun, hanya sedikit yang mau dan berbesar hati untuk mengakuinya. Nah, kalau kamu ingin punya mental yang kuat, kamu harus mulai untuk membiasakan diri mengakui kesalahan. Sebab, bagaimanapun juga kamu tak akan kehilangan sesuatu, saat kamu berani mengakui kesalahan.

  1. Siap Menerima Kritikan

Kalau kamu ingin punya mental yang kuat, kamu harus siap menerima serta memberi kritik yang membangun. Salah satunya dengan tidak mudah tersinggung saat ada orang lain yang memberikan masukan untuk kamu. Sebaliknya, kamu juga harus siap memberi kritik membangun pada orang lain dengan pilihan kata yang santun dan tidak menyakiti hati orang tersebut.

  1. Mau untuk Terus Belajar

Belajar tak melulu harus dilakukan di bangku sekolah, Kids. Belajar bisa dari mana saja, dari apa saja, dan bahkan bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Jika ingin bermental kuat, kamu harus mau untuk terus belajar. Nah, ilmu yang kamu miliki, tidak akan hilang dan justru akan berkembang dan lebih berguna jika kamu membagikannya pada orang lain.

  1. Mampu Beradaptasi

Adaptasi adalah salah satu karakter yang paling bermanfaat untuk dimiliki. Orang yang kuat secara mental, mampu beradaptasi dengan perubahan secara cepat dan tetap masuk akal meski dalam situasi bermasalah atau tidak terduga.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *