Perlukah kita sarapan? Apakah ubi termasuk karbohidrat? Vitamin apa yang terkandung dalam susu? Apa itu protein? Apakah kalian bisa menjawab pertanyaan seputar gizi di atas, Kids?

Menurut sebuah teori perkembangan, usia anak 7-11 tahun (usia anak Sekolah Dasar), anak sudah mampu berfikir logis. Menurut Bapak Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, usia 7-11 tahun adalah awal yang tepat untuk pembelajaran gizi pada anak. “Anak-anak usia Sekolah Dasar mulai diedukasi tentang gizi. Seperti pentingnya sarapan, sarapan sehat seperti apa, jajanan yang sehat itu apa saja, termasuk juga pentingnya aktivitas fisik,” terangnya.

Prosesi milk toast pada peluncuran program Gerakan NUSANTARA tahun 2018 bersama dengan pembicara dan murid-murid sekolah dasar.

Frisian Flag Indonesia dengan komitmennya dalam mendukung peningkatan gizi untuk tumbuh kembang optimal anak-anak Indonesia, meluncurkan program Gerakan Nusantara (MiNUm Susu TiAp Hari uNTuk Anak CeRdas Aktif Indonesia). Program edukasi gizi bagi anak usia sekolah ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dimana sampai dengan tahun 2017 telah berhasil menjangkau 2.507 Sekolah Dasar dengan cakupan 1.376.335 siswa pada lebih dari 35 kota/kabupaten di 25 propinsi di Indonesia. Gerakan Nusantara bertujuan meningkatkan perilaku gaya hidup sehat aktif anak-anak Indonesia dengan memastikan bahwa anak-anak usia sekolah dapat memiliki pengetahuan cukup serta memiliki perilaku yang baik dalam makan makanan bergizi sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang, membiasakan diri untuk minum susu setiap hari, memilih jajanan sehat, serta membiasakan diri beraktivitas di luar ruang yang terkena paparan sinar matahari pagi. Aktivitas program Gerakan Nusantara antara lain berupa kegiatan edukasi di dalam kelas, kegiatan luar ruang, distribusi produk susu, pembagian buku edukasi gizi, pelatihan gizi bagi guru dan siswa, serta program kantin sehat. Menurut Bapak Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, memasuki tahun keenam penyelenggaraan Program Gerakan Nusantara akan melebarkan area jangkauan ke Indonesia Timur yaitu Kota/Kabupaten Sorong, Kota/Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, juga ke Kota/Kabupaten Malang, Kota/ Kabupaten Tangerang Selatan, Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota/Kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Depok, dan Kota/Kabupaten Bekasi yang direncanakan menjangkau lebih dari 700.000 siswa.

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *