Siapa disini yang malas bermain di luar ruangan, tunjuk jari? Tahu tidak, menurut dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K), sedikitnya ada enam manfaat kalau kalian bermain-main di luar rumah. Apa saja? Yuk, simak penjelasan dokter Mayung, dokter spesialis anak yang berpraktik di RS Pondok Indah ini, ya, Kids.

  1. Bermain di luar ruangan dapat mengasah kemampuan fisik dan gerak, kreativitas, keterampilan berbahasa dan sosial, serta kecerdasan spasial anak.
  2. Bermain di luar ruangan membuat kalian memiliki pengalaman inderawi tentang dunia nyata. Kalian bisa melihat bentuk daun, hewan, dan segala macam yang sebenarnya berbeda ketika melihat di gambar.
  3. Dapat mencukupi kebutuhan aktivitas fisik untuk pertumbuhan tulang, otot, kesehatan jantung, dan pembuluh darah serta memperbaiki kualitas tidur. Anak yang aktif tentu pertumbuhan tulang dan ototnya menjadi lebih optimal. Dengan banyak bergerak juga membantu meningkatkan kesehatan anak dan mencegahnya mengalami obesitas.
  4. Bermain di luar ruangan juga melatih tubuh kalian untuk terkena paparan suhu. Bagaimanapun suhu di dalam ruangan berbeda dengan suhu di luar ruangan.
  5. Anak yang bermain di luar ruangan akan bertemu dengan orang lain yang membuatnya mau tak mau berinteraksi. Secara tidak langsung keterampilan bahasa kalian ikut dilatih.
  6.  Dengan bermain di luar ruang, juga dapat mendekatkan hubungan antara kalian dan Mama-Papa, lho, Kids.

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *