Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, membuat pemerintah kembali menunda pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sebagian besar daerah. Hal ini tentunya membuat para siswa harus menyiapkan diri lebih baik lagi agar tidak jenuh dalam melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Untuk itu, Ruangguru membagikan tips bagi para siswa untuk belajar daring anti jenuh. Yuk, simak!

  1. Buat tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar memang sering kali menjadi hal yang kurang diperhatikan dalam proses pembelajaran. Kenyamanan dalam tempat belajar merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan pembelajaran dengan kondusif dan nyaman. Sebelum mulai belajar, ada baiknya kamu pilih tempat belajar yang menurutmu paling nyaman dan jauh dari distraksi agar proses belajar tidak terganggu. Selain itu, pilih tempat belajar dengan penerangan atau pencahayaan bagus supaya tidak mengganggu penglihatan. Kamu juga bisa mengatur area belajar dan merapikannya sesuai dengan kebutuhan agar proses pembelajaran kamu tidak terganggu oleh barang-barang yang kurang dibutuhkan.

  1. Pilih waktu dan metode belajar yang sesuai

Banyaknya tugas yang diberikan guru dan materi yang harus dipahami sendiri memang menjadi masalah yang dialami selama PJJ. Untuk mengatasinya, kamu perlu membuat jadwal belajar yang sesuai dengan diri kamu. Kamu bisa memilih waktu belajar yang membuatmu dapat berkonsentrasi secara penuh. Misalnya, kamu lebih suka belajar saat malam hari, maka buatlah jadwal sekiranya 60-90 menit untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas. Jangan lupa, tentukan batas waktu belajar agar aktivitas lainnya tidak terganggu.

Sebaiknya, kamu juga memahami metode belajar yang sesuai dengan kemampuan diri kamu. Misalnya, kamu butuh waktu belajar lebih untuk mengingat istilah-istilah atau poin-poin penting dalam suatu materi, kamu bisa membuat rangkuman materi di kertas kecil (sticky notes) agar memudahkan kamu membaca dan memahami. Atau jika kamu tipe orang yang lebih suka mendengarkan, kamu bisa merekam suaramu sendiri saat belajar dan mendengarkannya kembali untuk memahami pelajaran.

  1. Istirahat dan makan yang cukup

PJJ memaksa para siswa dan guru untuk berhadapan dengan gawai di waktu yang lama. Terlalu lama berada di hadapan laptop atau handphone bisa menimbulkan kejenuhan dan juga ketidaknyamanan pada mata. Oleh karena itu, beri waktu istirahat untuk mata dan diri kamu dengan cara mengalihkan pandangan selama beberapa menit setelah lama memandang layar gawai. Hal ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan metode 60:10. Setelah 60 menit memandang layar handphone, gunakan 10 menit selanjutnya untuk memandang ke arah lain atau sekadar berdiri dan melakukan peregangan badan sehingga mata kamu dapat beristirahat dari cahaya layar.

Selain istirahat, makanan juga menjadi faktor penting untuk menjaga diri agar terhindar dari kejenuhan belajar secara daring. Perhatikan waktu makan agar saat belajar, kamu dapat berkonsentrasi dan terhindar dari kelaparan yang akhirnya dapat mengganggu konsentrasimu. Usahakan juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tenaga dan kesehatanmu tetap terjaga meskipun melakukan pembelajaran dari rumah.

  1. Jaga silaturahmi dengan teman sekolah

Walaupun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dan seluruh interaksi dilakukan secara virtual, bukan berarti kamu harus memutus interaksi dengan teman di sekolah. Cobalah untuk tetap berhubungan dengan teman sekolahmu, baik untuk sekadar menanyakan kabar atau berdiskusi tentang pelajaran. Hal ini dapat membuat kamu menjadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian dalam menjalani PJJ dari rumah.

  1. Refreshing

Kamu bisa juga melakukan refreshing di akhir pekan tanpa harus keluar rumah atau ke tempat wisata agar tidak jenuh dalam PJJ. Kamu bisa bersantai sejenak atau mencoba beberapa hobi baru yang belum pernah kamu lakukan. Misalnya, kamu bisa mencoba untuk memasak, membaca buku baru, menonton film yang menghibur, mendengarkan musik, olahraga atau sekadar rebahan untuk menyegarkan badan sebelum kembali belajar di keesokan harinya.

Nah, itu dia tips dari Ruangguru yang bisa kamu coba untuk menghindari kejenuhan saat melakukan PJJ. Gunakan tips tersebut sebaik mungkin dan jangan lupa untuk memaksimalkan belajarmu di Ruangguru. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada, ya!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *