Halloween memang sudah lewat, Kids. Tapi tak ada salahnya, kan, kita membahas tempat-tempat penuh misteri di Indonesia. Apalagi, Indonesia punya sederet tempat misterius yang konon katanya menyeramkan! Hiiii…

Goa Kontilola, Papua

Goa ini berada di kawasan Lembah Baliem, Wamena, Papua. Yang bikin Goa Kontilola misterius adalah adanya lukisan aneh di dalamnya. Tepat di dinding goa, ada gambar mirip manusia berkepala gundul, Kids. Para peneliti sampai sekarang belum mengetahui pasti siapa yang menggambar lukisan ini dan apa yang digambar. Gosipnya, lukisan tersebut adalah hasil perbuatan makhluk luar angkasa alias alien, Kids. Apa kamu percaya adanya alien?

Selain keanehan pada lukisan, pemandangan Goa Kontilola juga cukup indah, lho. Di langit-langit, ada stalagtit dan stalagnit yang terbentuk secara alami. Eits, ada juga kumpulan kelelawar yang menggantung di atas goa. Lokasi goa dikelilingi pepohonan rindang khas tanah Papua. Nggak heran, Goa Kontilola menjadi salah satu favorit tempat wisata di Papua. Mungkin, dulunya goa ini menjadi tempat beristirahatnya alien! Hihihi…

Ngapa Uwentira, Palu

Arti dari Ngapa Uwentira adalah kota tak terlihat. Kenapa disebut demikian, ya? Kabarnya, keberadaan kota ini memang misterius. Tidak terlihat mata, tapi banyak penduduk setempat memercayainya. Selain itu, tak semua orang bisa masuk seenaknya ke Ngapa Uwentira. Kata orang, untuk masuk ke kota ini cukup berjalan ke arah jembatan, tak jauh dari jalan raya Trans Sulawesi. Jembatan ini akan mengantarkan orang menuju Ngapa Uwentira.

Padahal jika dilihat langsung, daerah situ hanya berupa hutan lebat dan perkebunan kopi. Dipastikan tidak ada kota di ujung jembatan. Namun, menurut pengakuan sebagian orang yang pernah berkunjung, Ngapa Uwentira terlihat sangat maju dengan tata kota yang keren. Para penduduknya pun sejahtera. Oh iya, banyak juga orang yang mengaku telah bertemu dengan penduduk Ngapa Uwentira yang keluar dari kotanya. Karena misterius, Ngapa Uwentira disebut-sebut sebagai warisan kota Atlantis yang hilang. Wah, benar nggak, ya?!

Pantai Selatan, Pulau Jawa

Siapa yang suka berwisata ke pantai? Menginjakkan kaki di pasir putih sambil mendengar deburan ombak, memang mengasyikkan. Tapi, kata orang, pesisir Selatan Jawa cukup menyeramkan. Konon, pantai Selatan Jawa ditinggali oleh seorang ratu penguasa bernama Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Ehmm.. Tapi belum jelas kebenarannya, sih.

Oh iya, ada pantangan saat berkunjung ke pantai Parangtritis, yang menjadi salah satu pesisir Selatan Jawa. Kita nggak boleh memakai baju warna hijau bila ingin datang ke pantai ini. Katanya, bisa mendatangkan musibah. Eits, jangan mudah percaya, lho. Ini mitos, yang belum tentu benar.

Goa Jepang dan Belanda, Bandung

Seperti yang kalian tahu, Indonesia pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Belanda menjajah kita selama 3,5 abad, sedangkan Jepang menjajah selama 3,5 tahun. Nah, penjajahan yang dilakukan kedua bangsa itu menyisakan banyak peninggalan. Termasuk goa Jepang dan Belanda yang terletak di Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Bandung, Jawa Barat.

Kedua goa ini dulunya digunakan untuk tempat perlindungan para penjajah dan penjara bagi para tahanan pribumi. Kala itu, penjajah sering menyiksa para tahanan yang tidak mau menuruti perintah. Bahkan, hingga mereka tewas di dalam goa. Nah, kini kedua goa itu masih berdiri dengan kondisi gelap dan kumuh. Goa Jepang dan Belanda menjadi tempat wisata. Karena sejarahnya yang kelam, banyak orang bilang kedua goa itu menyeramkan!

Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu juga merupakan peninggalan Belanda selama penjajahan, Kids. Dulunya, Lawang Sewu adalah bangunan gedung yang menjadi kantor pemerintahan Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904, dan selesai 3 tahun kemudian. Kenapa disebut Lawang Sewu? Karena gedung megah ini memiliki pintu yang banyak.

Kini, Lawang Sewu menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan bila datang ke Semarang, Jawa Tengah. Salah satu tempat paling menyeramkan di Lawang Sewu adalah ruang bawah tanah yang pernah dijadikan tempat penyiksaan para tahanan saat penjajahan. Gara-gara cerita inilah, Lawang Sewu penuh dengan misteri, Kids. (JFK/Nov)

  

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. Black on black in the Charger I’m creepin’ Rub me the right way, you might get a genie B.o.B, black Houdini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *