Tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Salah satu aspek penting yang perlu dilindungi dari anak-anak adalah tumbuh kembangnya, agar dapat memberikan dampak positif untuk masa depannya serta dapat memajukan bangsa. IKEA Indonesia percaya bahwa masa depan anak sangat bergantung dengan bagaimana kita melindungi mereka. Melindungi masa depan anak dapat dimulai dari pendidikan dan asuhan orang tua. Agar hal ini tercapai, hubungan antara parents dan si kecil harus dekat karena akan berpengaruh pada pembentukan karakter mereka. Ada banyak hal yang parents dapat lakukan bersama anak agar membangun kedekatan seperti bermain dan melakukan berbagai kegiatan bersama. Anak yang bermain dan rutin berinteraksi dengan orang tua akan menjadi semakin terampil untuk berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, bergerak, dan bersosialisasi. Salah satu prioritas IKEA Indonesia adalah untuk memastikan hak-hak anak terpenuhi. Ini sejalan dengan visi IKEA, yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Berangkat dari hal tersebut serta tema Hari Anak Nasional tahun ini, IKEA Indonesia merekomendasikan beberapa kegiatan seru yang parents bisa lakukan agar semakin dekat dengan si kecil.

  1. Memasak bersama untuk bangun rasa percaya diri. Memasak bersama anak tak hanya menyenangkan, namun dapat memberi sejumlah manfaat untuk anak, salah satunya adalah membangun rasa percaya diri. Ketika parents melibatkan anak dalam memasak seperti membantu menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya, anak akan merasa bahwa dirinya dipercaya dan juga membangun rasa tanggung jawab. Untuk melengkapi kegiatan memasak bersama anak, parents bisa memberikan celemek TOPPKLOCKA dari IKEA agar si kecil terlindung dari cipratan ketika memasak bersama dan membuat si kecil terlihat seperti seorang chef karena dilengkapi dengan topi koki. Usai memasak, jangan lupa untuk memuji mereka sebagai tanda bahwa Moms menghargai usahanya dan membuat mereka lebih percaya diri dan dekat dengan parents.
  2. Mendongeng sebelum tidur untuk mengasah imajinasi. Mendongeng kepada si kecil di malam hari, selain dapat membantunya tidur dengan nyenyak juga bermanfaat untuk mengasah imajinasi mereka. Melalui dongeng, anak kita akan membayangkan apa pun yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Anak bisa membayangkan bagaimana hewan bisa berbicara, putri yang tinggal di istana, hingga tokoh dengan kekuatan super. Ketika mendongeng, parents dapat juga memeragakan dengan membuat shadow puppet dengan bantuan lampu dinding UPPLYST dari IKEA agar cerita yang sedang parents dongengkan kepada si kecil terasa lebih seru! Semakin seru dan menarik ceritanya, semakin luas imajinasi anak dapat berkembang.
  3. Roleplay bersama anak untuk mengasah keterampilan bersosialisasi. Seringkali kita dapati anak mengajak kita untuk bermain dokter-dokteran, polisi-polisian, dan juga ibu-ibuan bersama dengan mainan dan boneka mereka. Ikut berpartisipasi dalam permainan peran ini akan membuat parents semakin dekat dengan anak dan juga melatih kemampuan mereka dalam bersosialisasi serta mempelajari topik-topik tertentu. Anak akan menggunakan medium berupa mainan atau boneka untuk dijadikan seorang karakter ketika sedang bermain roleplay. Parents dapat memberikan si kecil koleksi boneka DJUNGELSKOG dengan beragam karakter hewan, atau boneka jari TITTA DJUR dari IKEA. Semakin banyak boneka yang ada, maka anak akan lebih banyak menempatkan “peran” dan menggunakan imajinasinya, sehingga kemampuan sosialisasi mereka pun meningkat.
  4. Membuat proyek seni bersama untuk mengeksplorasi kreativitas. Anak kita dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang amat besar, parents tentunya pernah dibombardir dengan seribu pertanyaan tentang bagaimana suatu hal terbentuk atau terjadi. Untuk memenuhi rasa keingintahuan mereka, orang tua dapat membuat sebuah proyek seni dengan mengombinasikan warna-warna yang ada menjadi warna yang baru ketika melukis dan menggambar. Proyek seni ini juga dapat menjadi sarana parents untuk memvisualisasikan jawaban untuk ribuan pertayaan si kecil. Untuk membantu anak mengeksplorasi kreativitas mereka, dan juga memvisualisasikan suatu topik dan pembahasan baru kepada buah hati, rangkaian produk MÅLA dari IKEA yang lengkap dengan kapur, spidol, cat air warna serta kanvas mewarnai dijamin membantu mereka dalam mengeksplorasi dan menemukan warna baru.
  5. Melakukan olahraga bersama untuk menjaga kesehatan. Selain melakukan kegiatan yang mengasah imajinasi, kreativitas dan juga membentuk tanggung jawab dan rasa percaya diri, penting juga untuk anak menjaga kesehatan mereka dengan berolahraga. Selain melakukan olahraga seperti sepakbola atau bulu tangkis, berjalan di pagi hari atau sore hari di taman kota juga cukup untuk mendorong anak kita untuk mengeluarkan energinya sambil mengeksplorasi dunia luar. Jalan-jalan pagi atau sore hari sepertinya tidak lengkap tanpa membawa bekal untuk disantap di taman publik. Dengan botol minum IKEA 365+ anak dapat terus terhidrasi. Selain itu, tas FLADDRIG dari IKEA juga dapat memudahkan parents membawa bekal yang sehat dan segar untuk disantap setelah jalan-jalan.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan seru yang parents dapat lakukan bersama anak. Kegiatan tersebut dapat membantu anak semakin dekat dengan parents dan akhirnya dapat melindungi masa depan mereka. Selamat Hari Anak Nasional, semoga anak-anak kita dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memajukan Indonesia!

(Foto : Ist)

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *