5 Ikon Natal dan Maknanya

Asyik, Natal telah tiba. Dirayakan setiap tanggal 25 Desember, umumnya umat Kristiani akan menghabiskan hari tersebut dengan kebaktian di Gereja serta berkumpul bersama keluarga dan sahabat.

Sama halnya dengan hari besar lain, misalnya Lebaran yang identik dengan ketupat, Natal juga memiliki simbol atau ikon, lho! Semua hal itu tentu saja turut memeriahkan perayaan Natal. Apa saja, sih? Ini beberapa di antaranya:

  1. Pohon Natal

Di belahan dunia manapun, memasang pohon Natal sebagai dekorasi, sudah menjadi tradisi. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, dimulai pada abad ke-16 di Jerman. Ketika penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong evergreen (tumbuhan hijau abadi) untuk dekorasi Natal di dalam rumah.

Sebenarnya, dekorasi pohon Natal ini tidaklah ‘wajib’ baik di rumah maupun Gereja. Hal ini hanya sebuah simbol yang bermakna agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain. Pohon Natal (cemara) juga melambangkan “hidup kekal”. Sebab, di musim salju, hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang daunnya selalu hijau.

  1. Santa Klaus atau Sinterklas

Santa Klaus  dikenal sebagai pria tua gendut berjenggot putih panjang, memakai kostum dan topi berwarna merah. Santa Klaus punya banyak sebutan berbeda. Ada Sinterklas, Saint Nicholas, Kris Kringle, Father Christmas, atau Santa.

Santa Claus diceritakan berasal dari Kutub Utara. Nyatanya tokoh ini terinspirasi dari seorang uskup dari Spanyol bernama Saint (Santo) Nicholas pada abad ke-4. Ia sering membagikan hadiah untuk anak-anak pada tanggal 6 Desember dan gemar membantu orang yang sedang kesusahan. Sampai akhirnya, kebaikan hati Saint Nicholas yang suka berbagi ini dicitrakan sebagai sosok Sinterklas yang pada setiap malam Natal mendatangi rumah-rumah untuk mengantarkan hadiah kepada anak-anak.

  1. Lilin Natal

Tradisi penyalaan lilin di Gereja saat Natal banyak dilakukan umat Kristiani di seluruh dunia. Penyalaan lilin merupakan tindakan simbolis dari doa tanpa kata, sebuah permohonan, sekaligus juga harapan dan syukur. Cahaya lilin juga mewakili sosok Yesus Kristus sebagai terang dunia, yang menuntun umat manusia dari jalan kegelapan menuju jalan yang lurus alias cahaya terang.

  1. Lonceng

Lonceng sering menjadi dekorasi Natal. Lonceng dilambangkan sebagai pembawa kabar baik dan kabar sukacita. Lonceng Natal juga sering diibaratkan sebagai panggilan untuk berdoa atau memulai ibadah di Gereja.

  1. Kado Natal

Saat Natal, anak-anak kerap menanti-nanti untuk membuka kado-kado cantik yang terkumpul di bawah pohon Natal. Ya, banyak keluarga melakukan tradisi tukar kado saat Natal, baik di kalangan keluarga, sahabat, teman, ataupun memberikan kado Natal kepada orang lain yang membutuhkan seperti panti asuhan, dan sebagainya. Pemberian kado Natal maupun tukar kado ini memiliki makna mendalam, yakni untuk mengingatkan kita agar tak lupa memberikan perhatian lebih kepada orang-orang terdekat dan terkasih.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *