Mengambil foto memang sangat mudah, cukup arahkan kamera ke obyek di depan-mu dan tekan tombol untuk mengambil gambar. Namun, bereksperimen dan menguasai tips fotografi dapat membuat-mu bisa mendapatkan foto yang lebih baik, lho!

Berikut lima tips ala Samsung untuk meningkatkan keterampilan fotografi-mu dan membuat galeri foto yang mengesankan di perangkat Galaxy A Series-mu melalui lensa Samsung Galaxy A52.

  1. Coba-coba pengaturan pada Mode Pro

Mengambil foto dalam Automatic Mode menghasilkan gambar yang tajam. Namun, tambahkan sisi kreatif pada foto-mu dengan mengubah setting penangkapan cahaya dengan Pro Mode. Dalam Pro Mode, kamu dapat mengontrol pengaturan individual seperti ISO, shutter speed, dan aperture. Misalnya, menggeser ke kiri dalam mode Manual Focus akan mengaburkan gambar dan menciptakan efek bokeh (efek blur pada latar belakang foto).

Jika ingin bermain-main dengan sumber cahaya, coba matikan Auto Focus dalam Pro Mode dan geser jari-mu ke kiri untuk membatalkan fokus gambar dan menciptakan efek bokeh. Efek bokeh ini juga bisa tercipta di malam hari.

Dapatkan inspirasi dari obyek sehari-hari di sekitar-mu untuk mendapat hasil bidikan yang lebih mencolok secara visual. Jika kamu memotret di hari yang cerah, turunkan nilai ISO dan atur shutter speed menjadi lebih cepat untuk mengurangi cahaya yang masuk ke sensor dan mengontrol bagian foto yang ingin kamu buat lebih terang atau underexposed.

  1. Manfaatkan sinar matahari

Biarkan obyek di sekeliling-mu diterangi cahaya matahari saat matahari terbit atau terbenam, yang memancarkan cahaya lembut yang menyebar pada subyek dalam gambar dan menghasilkan kualitas foto yang indah. Bahkan kamu mungkin masih dapat menemukan bayangan geometris yang indah yang diciptakan oleh sinar matahari yang terhalang, sehingga dapat membuat foto terlihat lebih dinamis. Cobalah mengutak-atik berbagai lensa dan pengaturan dalam Pro Mode untuk mendapatkan hasil bidikan yang terbaik.

  1. Bermain dengan refleksi

Gunakan permukaan reflektif seperti permukaan air, pagar logam, atau bahkan cermin untuk menciptakan gambar simetris yang menakjubkan. Jika kamu menemukan genangan air di tanah, coba posisikan kamera-mu tepat di dasar permukaan air dan ambil gambar. Jangan khawatir jika ada sedikit air yang masuk ke smartphone, karena Galaxy A52 memiliki peringkat IP67 resmi yang memiliki ketahanan terhadap debu dan air!

  1. Terangi malam dengan fotografi lowlight

Penasaran ingin menangkap semburat cahaya? Coba gunakan gerakan kendaraan yang lewat dengan menggunakan kamera Galaxy A52. Di tepian jalan, keluarkan ponsel-mu, pasang Pro Mode, dan turunkan ISO sepenuhnya serta tingkatkan shutter speed hingga setidaknya setengah detik untuk menangkap jejak cahaya yang menakjubkan dari kendaraan yang lewat.

      5. Maksimalkan fitur kamera dengan mencoba mode foto lainnya

Naikkan pengaturan Pro Mode ke tingkat berikutnya dengan Pro Video Mode, yang mana memungkinkan kamu menyesuaikan pengaturan seperti white balance, shutter speed, dan ISO dengan cepat. Gunakan AI untuk memotret satu momen dalam berbagai versi menggunakan fitur Single Take agar kamu tidak melewatkan apa pun. Dengan fitur Single Take, kamu dapat mengambil beberapa bidikan berbeda dan klip pendek dengan menekan tombol shutter satu kali.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *