5 Alasan Anak Lelaki Perlu Dekat dengan Ibunya (Ilustrasi: Just For Kids)

“Ih, anak cowok, kok, dekat banget sama Mamanya, ya? Apa nggak malu?” Ups, kalau kamu pernah mendengar omongan seperti itu, jangan diambil pusing, Kids. Soalnya, banyak banget, lho, manfaat yang bisa kalian peroleh bila dekat dengan Bunda.

Ya, menurut Kate Stone Lombardi, penulis buku “The Mama’s Boy Myth: Why Keeping Our Sons Close Makes Them Stronger”, ada 5 alasan mengapa kalian para anak lelaki harus dekat dengan ibu. Apa saja, simak, yuk!

  1. Studi menunjukkan bahwa anak laki-laki yang tidak memiliki bonding (kedekatan) dan kenyamanan dari ibu sejak kecil, akan cenderung berperilaku merusak dan agresif di kemudian hari. Ikatan yang erat dengan ibu ketika usia anak masih sangat muda, akan membantu mencegah kenakalan saat mereka berusia lebih besar nanti.
  2. Anak laki-laki yang dekat dengan ibu, biasanya tampil lebih baik di sekolah. Umumnya ibu secara alami akan sering melatih kecerdasan emosional anak lelaki mereka, mengajarkan mereka untuk mengenali dan mengekspresikan perasaan mereka sendiri dan menjadi lebih peka terhadap perasaan orang lain.
  3. Kedekatan antara ibu dengan anak lelaki baik untuk kesehatan mental anak. Sebuah penelitian yang disampaikan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa anak laki-laki yang dekat dengan ibu mereka cenderung tidak menganut stereotip hiper-maskulin. Anak-anak ini secara emosional lebih terbuka. Tak hanya memiliki persahabatan yang lebih baik, tetapi mereka juga jarang mengalami kecemasan dan depresi dibandingkan teman-teman mereka yang lebih ‘macho’.
  4. Remaja laki-laki yang dekat dengan ibu mereka jarang terlibat dalam perilaku yang berisiko. Telah lama diketahui bahwa komunikasi orangtua -remaja yang baik dapat membantu mengurangi pengaruh tekanan teman-teman sebaya yang negatif.
  5. Ibu yang menjaga hubungan baik dengan anak-anak lelakinya akan membantu mereka untuk sukses di kemudian hari, baik dalam hubungan pribadi maupun di tempat kerja. Sebab para ibu biasanya mengajarkan anak mereka kecerdasan emosional sedari dini sehingga anak akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan itu sangat berguna saat anak dewasa kelak. (Ilustrasi: Just For Kids)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *