JAKARTA, majalahjustforkids.com – Coba kamu lihat di sekeliling rumahmu, kamu pasti akan menemukan satu atau lebih produk PT Unilever Indonesia.

Sebut saja misalnya, Teh Celup Sariwangi, Kecap Bango, deterjen Rinso, sabun pencuci piring Sunlight, cairan pel Wipol, pencuci muka Glow & Lovely, dan masih banyak lagi lainnya. Di setiap rumah, kita pasti akan menemukannya.

Bukan waktu yang sebentar. Ya, selama 89 tahun produk-produk Unilever tersebut telah menemani seluruh keluarga Indonesia.

Tahukah kamu, tepatnya pada tanggal 05 Desember 1933, Unilever masuk ke Indonesia?

Pertama kali hadir di Indonesia, Unilever lahir dengan nama Lever’s Zeepfabrieken N.V. dan bertempat di Angke, Jakarta Utara.

Unilever sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 40 brand. Dan ternyata, sabun mandi yang kita kenal yaitu Lux merupakan salah satu brand tertua di Unilever. Mulai dikenalkan tahun 1936, itu berarti sudah 86 tahun lalu!

Nah, di tahun 1982 Unilever pun mulai berada di pasar saham alias “Go Public”. Dengan kode saham UNVR, hingga saat ini, saham Unilever Indonesia telah tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Untuk diketahui, 22 tahun lalu, lahir pula Unilever Indonesia Foundation sebagai wujud keseriusan perusahaan dalam menjalankan upaya keberlanjutan.

Tahun 2008, Unilever juga membuka pabrik Skincare-nya yang terbesar di Asia! Memproduksi Vaseline, Pond’s, Dove, Lux, Lifebuoy, dan Citra, memiliki luas 10 hektar yang berlokasi di Cikarang.

Tak henti untuk selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh keluarga Indonesia, pada Senin, 05 Desember 2022 kemarin, tepat di Hari Ulangtahunnya yang ke-89, PT Unilever Indonesia, Tbk. memperingatinya dengan tema “89 Years Growing with U and Indonesia”.

Tema ini menggambarkan perjalanan panjang Unilever Indonesia yang selalu diiringi dengan komitmen dan harapan untuk terus bertumbuh bersama setiap U – kamu, konsumen, keluargamu, komunitasmu, lingkunganmu, dan seluruh lapisan masyarakat – menuju masa depan bangsa yang lebih baik.

Sejalan dengan tema tersebut, di hari yang istimewa ini, 100 finalis “Every U Does Good Heroes 2022” resmi diumumkan; mereka adalah anak-anak muda, para pahlawan masa kini yang siap bertumbuh dan berkolaborasi dengan Unilever Indonesia untuk menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif.

Bagi Unilever Indonesia, angka 89 memiliki arti yang istimewa: angka 8 merepresentasikan tekad, fokus, tanggung jawab, dan dedikasi, sementara 9 menyimbolkan cinta.

Selama 89 tahun, Unilever Indonesia terus fokus menghadirkan produk dan inovasi yang tidak hanya berkualitas namun juga memberikan kebaikan; menjalankan bisnis dengan penuh tanggung jawab; hingga berdedikasi membuktikan cinta pada tanah air dengan terus tumbuh bersama Indonesia dan memberikan dampak kebaikan pada lingkungan dan masyarakatnya.

Ibu Kristy Nelwan, Head of Communications PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan, “Unilever Indonesia yakin bahwa dunia bisnis selayaknya mampu menjadi bagian dari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi dunia. Untuk itu, sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, kami senantiasa menjalankan bisnis berlandaskan purpose untuk memberikan kebaikan bagi lingkungan ataupun masyarakat sehingga mampu untuk terus relevan, bertahan, dan berkompetisi di masa depan.”

“Selain berkomitmen menjadi perusahaan yang purposeful, Unilever percaya bahwa brand with purpose grow, dan people with purpose thrive. Untuk itu, seluruh brand kami memiliki purpose kuat untuk memberikan dampak kebaikan, dan tak kalah penting, kami juga terus mendorong masyarakat untuk menjadi lebih purposeful – antara lain dengan menjadi konsumen yang lebih bijak dan kritis saat memilih brand, dan memulai aksi-aksi nyata untuk berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih baik,” lanjut Ibu Kristy.

Guna mendorong lebih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mewujudkan purpose dan berkontribusi dalam memberikan kebaikan, tahun ini Unilever Indonesia kembali menghadirkan program “Every U Does Good Heroes” untuk menemukan sosok-sosok pahlawan masa depan yang memiliki ide dan program yang sejalan dengan tiga pilar kebaikan yang diusung melalui strategi “The Unilever Compass”, yaitu: Membangun planet yang lebih lestari; Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat; serta Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Pencarian “Every U Does Good Heroes 2022” telah dilaksanakan sejak awal November lalu. Setelah proses seleksi, hari ini telah diumumkan 100 finalis dengan purpose dan program yang paling relevan dan berpotensi untuk berkembang. Keseratus finalis ini terdiri dari 54 laki-laki dan 46 perempuan yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Jabodetabek, pulau Jawa, Sumatera, Lombok, Bali, hingga Maluku; menunjukkan kesetaraan kepedulian milenial dan Gen-Z Indonesia – lintas gender maupun wilayah – untuk memperjuangkan isu-isu lingkungan dan sosial.

Ibu Kristy menerangkan, “Selanjutnya, mereka akan mendapatkan rangkaian mentoring yang dikemas dalam bentuk online summit di bulan Januari ini. Seluruh finalis akan mendapatkan berbagai ilmu dan pengalaman yang tidak hanya mempertajam kepedulian mereka terhadap isu sosial dan lingkungan, namun juga membentuk mereka menjadi sociopreneurs yang tangguh. Diharapkan nantinya ide dan program mereka akan memiliki skalabilitas yang baik dan memberikan dampak yang berkelanjutan.”

Serangkaian modul telah dipersiapkan untuk mencakup topik dan materi penting seputar sociopreneurship, seperti:

How to create an Impactful Movement (oleh mentor Mohamad Bijaksana Junerosano – Pendiri Waste4Change dan Greeneration Indonesia)

 

• Sustaining an Impactful Business (oleh mentor Gita Syahrani – aktivis climate change dan Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari )

 

• Collaboration Strategy (oleh mentor Amadeus Driando Ahnan-Winarno – Co-Founder Indonesian Tempe Movement)

 

• Funding Strategy (oleh mentor Ayu Kartika Dewi – Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder toleransi.id), dan

 

• Mindset and Resilience (oleh mentor Nicky Clara – Disability Womanpreneur)

• How to Build & Strengthen your Brand (oleh Unilever Indonesia)

• Pitching and Presentation (oleh Christopher Tobing – Praktisi komunikasi)

• Business Plan Sharing (oleh tiga pemenang “Every U Does Good Heroes 2021”)

Setelah proses mentoring dan penjurian, di akhir program akan terpilih 10 (sepuluh) sosok “Every U Does Good Heroes 2022” yang masing-masingnya berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program mereka.

“Keseluruhan program ‘Every U Does Good Heroes’ menjadi pengejawantahan prinsip ‘Heroes Grow Heroes’ yang ingin kami kedepankan, dimana kami percaya bahwa regenerasi untuk terus menumbuhkan bibit-bibit pahlawan di bidang lingkungan dan sosial di masa depan menjadi hal yang penting untuk terus dipupuk dan didukung. Selamat bagi keseratus finalis, dan sampai jumpa di sesi EUDG Heroes Summit!” tutup Ibu Kristy.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *