Kreativitas & imajinasi merupakan salah satu potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Karena kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan masalah, mampu berpikir out of the box. Dengan berimajinasi, si kecil dapat lebih mengembangkan potensi seninya dan menjelajah dunia yang baru. Selain itu kreativitas & imajinasi bisa menjadi modal untuk kesuksesan si kecil. Apapun bidang yang dipilihnya kelak ya Moms, seperti designer, model, dokter atau jurnalis. Sebagai orang tua, tentunya kita ingin anak kita lebih mengembangkan bakat kreativitas dan imajinasinya. Berikut adalah cara cerdas untuk melatih anak agar lebih kreatif dan imajinatif:

  1. Bebaskan anak untuk eksplorasi imajinasinya. Anak usia 3-12 memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi, biarkan mereka melakukan eksplorasi terhadap dunia disekitarnya. Tapi Moms harus memperhatikan mana yang bahaya dan mana yang tidak bagi anak. Misalnya, si kecil yang penasaran ketika Moms sedang berdandan, dan melihat kosmetik yang sedang Moms pakai. Moms, bisa jelaskan kepada si kecil bahwa kosmetik yang Moms pakai ini tidak boleh digunakan untuk anak, karena mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit anak. Dimana kulit anak jauh lebih sensitif dan bisa menyebabkan iritasi. Nah, agar Moms bisa lebih tenang dan membiarkan anak perempuan bisa bereksplorasi dengan make up, Amara Cosmetics for Kids bisa menjadi solusinya, karena Amara terbuat dari bahan yang sangat aman untuk anak berusia 3-12 tahun, dan juga sudah terdaftar di BPOM.
  2. Membelikan mainan yang bentuknya unik. Salah satu cara melatih imajinasi anak adalah dengan memberikan mainan-mainan dengan bentuk yang unik. Beri anak kesempatan untuk memilih mainan yang ia sukai. Salah satu mainan unik yang bisa Moms berikan adalah Amara Fantasy Mirror. Selain bentukanya yang unik dengan cermin magical, di dalam Amara Fantasy Mirror ini terdapat pula 7 warna eyshadow, 1 warna lipstik, dan 1 warna blush on. Si kecil dapat bebas berimajinasi menjadi princess atau peri dalam dongeng, tentunya dengan panduan cerita dari Moms ya. Ajak juga si kecil bermain role play menjadi peri. Dengan imajinasinya anak akan berusaha memerankan hal-hal tersebut.
  3. Bermain dan ajarkan anak lebih komunikatif. Bermain juga bisa mejadi salah satu cara melatih kreativitas anak. Mencampurkan berbagai warna dan kombinasi warna dapat melatih jiwa seni anak. Contohnya dengan bermain kutek bersama anak, selain bisa melatih jiwa seni anak, anak bisa belajar banyak warna. Namun pemilihan kutek untuk anak harus diperhatikan juga ya Moms, karena kalau anak memakai kutek untuk orang dewasa akan berbahaya, selain bahan kimia yang terkandung dalam kutek, dan ketika dibersihkan harus pakai aseton. Dimana aseton merupakan bahan kimia yang berbahaya untuk anak. Amara Cosmetics for Kids hadir dalam bentuk kutek anak dengan 10 macam varian warna yang disukai anak tentunya. Selain warnanya yang bervariasi Amara Nail Polish juga mempunyai bahan aman untuk kuku anak, dan bisa dikelupas tanpa perlu aseton, jadi tidak perlu khawatir kuku anak iritasi.
  4. Hindari Kata “Salah”. Kadang reaksi atau imajinasi anak tidak selalu sama dengan anak sepantarnya. Misalnya, si kecil menggambar mobil dengan roda segitiga. Jika hal ini terjadi, usahakan Moms tidak berkata “SALAH” akan imajinasinya. Moms bisa berkata “Menarik sekali. Kira-kira mobilnya bisa jalan tidak jika rodanya berbentuk seperti itu…” Dengarkan penjelasannya. Siapa tahu ia membuat gambar itu karena rodanya rusak. Dari sini Moms juga bisa mengetahui ternyata imajinasi anak itu sangatlah luas, sehingga Moms juga harus mendukungnya. Supaya anak bisa lebih eksplorasi dengan imajinasi yang dia punya.

(Foto : Ist)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *