Pasti tahu, dong, film Jurrasic Park? Di sana kalian diperkenalkan dengan banyak macam dinosaurus. Mau tahu lebih banyak? Berikut ini sebagian dari jenis-jenis Dinosaurus yang pernah ada di Bumi. Simak, yuk!

  1. Tuojiangosaurus

Dino yang satu ini sepertinya lebih mirip dengan kendaraan tempur. Dilihat dari gambarnya, terdapat beberapa duri di samping tubuh dan ekornya. Diperkirakan hidup di China sekitar 161 – 155 juta tahun yang lalu ini sepertinya masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan Stegosaurus. Para peneliti berpendapat, layaknya Stegosaurus, Dino ini menggunakan duri sebagai pertahanan dirinya.

 

  1. Triceratops

Triceratops, dari bahasa Yunani artinya “tiga tanduk.” Juga disebut Dino ksatria karena kombinasi kepala dan tanduknya, membuat dirinya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng.

  1. Compsognathus

Compsognathus adalah jenis Dino kecil yang menyerang secara berkelompok seperti Velociraptor. Kelompok Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, karena tubuh mereka jauh lebih kecil. Compsognathus, Velociraptor, dan Tyrannosaurus memiliki bentuk yang mirip, tetapi mereka memiliki jenis yang berbeda. Compsognathus merupakan Dino yang paling kecil dengan panjang 60 cm dan hanya sebesar ayam. Hidup di zaman Jurassic akhir sampai dengan awal Cretaceous.

  1. Ankylosaurus

Ankylosaurus memiliki tubuh sepanjang 9 meter (30 kaki). Tubuhnya dilindungi semacam cangkang keras yang membuatnya tidak bisa diserang dengan mudah, bahkan oleh Tyrannosaurus-Rex. Ekornya panjang lurus dan sangat keras. Ia akan menyerang lawan dengan ekor kerasnya.

  1. Mamenchisaurus

Mamenchisaurus adalah jenis Dino herbivora (pemakan tumbuhan) berkaki empat dengan bentuk leher yang sangat panjang. Sebagian besar spesiesnya hidup pada 145-150 juta tahun yang lalu, pada periode Tithoania di akhir periode Jurassic. Fosil Mamenchisaurus pertama kali ditemukan tahun 1952 di sebuah situs konstruksi jalan tol di Sichuan, Republik Rakyat China.

  1. Stegosaurus

Stegosaurus artinya “kadal beratap”, karena sisik besar di punggungnya. Merupakan salah satu jenis Dino yang paling mudah diidentifikasi. Duri ekor Stegosaurus dapat mencapai lebih dari 1 m panjangnya, dan dapat melubangi pemangsa sampai sedalam 90 cm. Para paleontolog pernah menemukan fosil seekor Allosaurus dengan tulang belakang yang berlubang sepasang, membuktikan bahwa meski herbivora, Stegosaurus bisa mematikan.

  1. Tyrannosaurus Rex

Tyrannosaurus Rex (Tyrannosaurus artinya “kadal yang kejam,”  Rex artinya “raja”) merupakan Dino jenis karnivora (pemakan daging) terbesar. Tubuh T-Rex sepanjang 12 meter (40 kaki) dan berat mencapai 7 ton. Dino ini memangsa Dino herbivora besar seperti Triceratops dan Edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar saat itu. Tyrannosaurus juga memiliki gigitan terkuat dibanding hewan lain yang pernah ada.

  1. Ultrasaurus

Ultrasaurus adalah Dino kerabat Brachiosaurus yang terbesar dalam jenisnya. Ultrasaurus berwarna hijau cerah dan ukuran tubuhnya mencapai 30 meter. Sama dengan kerabat-kerabat leher panjang lainnya, Dino ini merupakan jenis herbivora.

  1. Masiakasaurus

Dino karnivora ini diperkirakan hidup sekitar 70 – 65 juta tahun lalu. Keunikan Dino ini ada pada susunan giginya yang tak beraturan. Fosilnya ditemukan di Madagaskar. Menurut para peneliti, Dino ini hidup berkelompok dan berburu hewan lain yang lebih besar.

(JFK/ETG, Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *