Berdasarkan data per 18 Desember 2021, Wisma Atlet membutuhkan 4.000 botol air mineral. Sementara, rata-rata terjadi penambahan WNI yang dikarantina sebanyak 2.000 orang per hari.

Untuk itulah, Danone Indonesia dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyediakan 24 ribu botol air mineral AQUA,  untuk kebutuhan karantina di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan logistik dan memenuhi hidrasi pasien karantina yang melonjak akibat varian Omicron.

“Seperti kita ketahui, perkembangannya saat ini sudah terdapat 526 varian Omicron yang mayoritas masih imported case. Diharapkan bantuan pasokan air mineral ini akan membantu para WNI yang tengah menjalani karantina di Wisma Atlet agar terpenuhi hidrasinya,” jelas Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian.

Bapak Andre memaparkan, kerja sama dengan Danone Indonesia bukan kali pertama. Sebelumnya, ILUNI UI dan Danone Indonesia sudah berkolaborasi dalam berbagai program vaksinasi pada 2021. Salah satunya, melalui program Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat yang berlangsung sejak Juli-September 2021. “Dalam setiap kontribusi yang ILUNI UI lakukan, kami selalu mengupayakan untuk merangkul para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, swasta, alumni UI, maupun organisasi lainnya. Ke depan, dengan konsep Kohesi Kebangsaan, kami berharap dapat merangkul lebih banyak pihak lagi untuk bersama menghadapi pandemi dan membangkitkan kondisi masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Wakil Ketua Community Development Center ILUNI UI, dr. Ray Wagiu Basrowi turut menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara ILUNI UI dan Danone Indonesia. Ke depan, dia berharap kerja sama terjalin tak hanya dalam penanganan pandemi COVID-19. “Pandemi berdampak pada segala aspek kehidupan. Kami berharap, ILUNI UI dan Danone Indonesia ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, sebagai bentuk dukungan agar masyarakat bisa kembali pulih pasca pandemi,” ujarnya.

Sementara itu, Ibu Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, memberikan apresiasi atas inisiatif ILUNI UI dalam upaya membantu penyediaan logistik kepada Wisma Atlet. Pihaknya menyambut baik kerja sama dengan ILUNI UI dalam setiap kegiatan penanganan COVID-19.

“Sejak awal pandemi hingga saat ini, Danone Indonesia berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan berupa berbagai alat kesehatan hingga dukungan di 92 sentra vaksinasi. Saat ini Indonesia juga telah dihadapi dengan masuknya varian Omicron, untuk itu kami mendukung penuh upaya dari berbagai elemen masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi adanya varian baru ini salah satunya melalui menjaga kecukupan hidrasi tubuh,” ujar Ibu Vera. Dia juga menekankan bahwa kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan sehingga penyebaran varian baru dapat ditanggulangi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat segera pulih.

Ini bukan kali pertama ILUNI UI memberikan kontribusi dalam penanganan COVID-19. Sejak awal pandemi pada tahun 2020, ILUNI UI telah melaksanakan berbagai kegiatan melalui ILUNI UI Tanggap COVID-19 dan berhasil menyalurkan total donasi Rp 57.129.387.989 di antaranya untuk medis, pangan dan sembako, APD, ambulans, serta dukungan tenaga kesehatan. Selain itu, ILUNI UI juga telah memberikan vaksinasi untuk 80 ribu lebih peserta. ILUNI UI juga rutin menggelar kajian yang membahas seputar kebijakan penangangan dan perkembangan terkini kasus COVID-19 dengan mengundang para pakar alumni UI.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *