National Basketball Association (NBA) kembali melakukan penyisihan untuk Kejuaraan Dunia Jr. NBA di wilayah Asia-Pasifik, Kids. Penyisihan dilakukan selama dua hari, 15-16 Juni 2019 di Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta. Diikuti 68 peserta (34 anak-anak laki-laki dan 34 anak-anak perempuan se Asia-Pasifik) dari 10 negara seperti Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Mereka memperebutkan kesempatan mewakili wilayahnya di Kejuaraan Dunia Jr. NBA (Jr. NBA Global Championship), turnamen basket bagi anak-anak laki-laki dan perempuan terbaik berusia 13-14 tahun dari seluruh dunia. Kejuaraan Dunia itu akan berlangsung pada 6-11 Agustus 2019 di ESPN Wide World of Sports Complex, WaltDisney World, dekat Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Kegiatan ini untuk mengembangkan kemampuan teknis dan taktis anak-anak, di samping format pertandingan 5-on-5. Puncak acara adalah dengan terpilihnya 10 anak-anak laki-laki dan 10 anak-anak perempuan untuk mewakili Asia-Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA pada Agustus mendatang.

Program Jr. NBA di Asia bertujuan mengembangkan kesehatan serta mendorong gaya hidup aktif di kalangan angkatan muda dengan mengintegrasikan olahraga basket ke dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal. Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr. NBA telah menjangkau lebih dari 18 juta anak-anak laki-laki dan perempuan di Asia. Mengajarkan keterampilan dasar dan nilai utama Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (S.T.A.R.).

Selain itu, terdapat juga program Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy). Program pelatihan guru dan pelatih olahraga, yang didukung pemerintah daerah dengan tujuan mengembangkan potensi lokal dalam bermain dan menikmati olahraga basket. Program tersebut telah melatih lebih dari 62.000 guru dari 37.000 sekolah di 50 kota di seluruh Asia.

Kejuaraan Dunia Jr. NBA akan menampilkan anak-anak laki-laki dan perempuan, yang dibagi ke dalam tim Amerika Serikat dan Internasional, dimulai dengan pertandingan berformat setengah kompetisi (round-robin) dan dilanjutkan dengan sistem gugur. Pemenang di kategori Amerika Serikat dan Internasional tersebut selanjutnya akan bermain di kejuaraan dunia pada 11 Agustus 2019.

10 Anak Laki-laki Terbaik (diurutkan sesuai alfabet):

Brian Leonard (Indonesia), Dontae Nance (Selandia Baru), Eishin Naito (Jepang), Eman Ajmal Bin Jamil (Malaysia), Henjz Gabriel Demisana (Filipina), Joshua Dent (Australia), Lionel Matthew Rubico (Filipina), Sebastian Roy Reyes (Filipina), Tan Zi Sheng Jayson (Singapura), Tikun Sriphrawiang (Thailand).

10 Anak Perempuan Terbaik (diurutkan sesuai alfabet):

Angelica Jenifer Candra (Indonesia), Chong Pui Khee (Malaysia), Dianne Camille E. Nolasco (Filipina), Iris Yuen (Singapura), Lilly Taulelei (Selandia Baru), Phung Trang Linh (Vietnam), Reina Fukuo (Jepang), Summah Hanson (Australia), Supawadee Aupatum (Thailand), Vanissa Renata Siregar (Indonesia).

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *