Lima belas tahun lalu, pilu merundung Aceh. Bencana tsunami yang menelan korban lebih dari 170.000 jiwa menyebabkan ribuan anak terpisah dari keluarga mereka. Mereka kehilangan pengasuhan, kehidupan, dan bahkan sarana pendidikan juga ikut tersapu dahsyatnya gelombang. Tetapi, harapan tidak sirna. Berbagai cara pemulihan dilakukan oleh banyak pihak, agar anak-anak Aceh terus berjuang untuk bangkit dari masa lalu agar dapat menata masa depan yang cerah.

SOS Children’s Villages Indonesia, lembaga non pemerintah yang fokus kepada pengasuhan anak berbasis keluarga, merupakan lembaga yang hingga kini bekerja bagi anak-anak dan keluarga di Aceh. Setahun pasca bencana, dua desa anak didirikan di Lamreung – Aceh Besar (Banda Aceh) dan Meulaboh – Aceh Barat yang menjadi rumah bagi 250 anak.

“Kami mulai bekerja di Aceh tahun 2005 dengan membangun 3 desa untuk mengasuh 450 anak yang kehilangan orangtua. Kemudian, mendirikan 525 rumah untuk keluarga yang kehilangan tempat tinggal, juga membangun 3 sekolah yang menampung 1000 siswa, hingga lebih dalam lagi membantu masyarakat dan komunitas yang membutuhkan dukungan,” ucap Bapak Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

Setelah 15 tahun tidak sedikit anak-anak pejuang tsunami kini telah meniti masa depan mereka masing-masing dengan penuh harapan dan semangat. Bahkan, salah satu anak SOS Children’s Village Banda Aceh, Monalisa mampu membuktikan dirinya berhasil masuk ke SMA Favorit hingga menjadi perwakilan remaja dalam menyampaikan suara anak-anak Indonesia di kancah internasional. Saat ini, Monalisa dan remaja lainnya yang sedang menuju #AnakAcehHebat juga berjuang membantu adik-adiknya yang masih mengejar mimpi.

Membawa harapan dan komitmen untuk mewujudkan #AnakAcehHebat, juga menggerakkan banyak orang baik melakukan aksi kemanusiaan. Pada tanggal 18-21 November lalu, lima pelari tanah air melakukan misi kebaikan dengan berlari selama 4 hari sejauh 250 km dari Meulaboh (titik nol tsunami) menuju Banda Aceh melalui kegiatan Run to Care Aceh 250 KM. Lima pelari hebat ini adalah Nicky Hogan, Carla Felany, Gatot Sudariyono, Vonny Anggraini, dan Beny Syaaf Jafar. Mereka berlari, melintasi jejak tsunami Aceh, dan mengajak para orang baik untuk ikut bergerak bersama mewujudkan mimpi anak Aceh yang hebat melalui donasi yang selama 3 bulan terkumpul sebesar Rp 413.821.171

Rangkaian kegiatan #AnakAcehHebat belum berakhir. Bertepatan dengan 15 tahun tsunami, pada tanggal 26 Desember 2019 SOS Children’s Villages Indonesia mengajak khalayak umum untuk menjadi saksi sejarah perjuangan 15 tahun bangkit dari tsunami Aceh. Bukan hanya kisah anak-anak yang terus berjuang, tapi di balik itu juga orang-orang yang selama 15 tahun tidak pernah lelah dalam memperjuangkan hak-hak anak Indonesia. Bertajuk dalam acara ‘Perjuangan 15 Tahun Bangkit’, para pejuang menceritakan kisah mereka dalam membangkitkan semangat anak-anak Aceh untuk tidak pernah berhenti bermimpi. Acara yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia ini juga mengundang para pelari pejuang yang mengungkapkan pengalaman berharga mereka selama 4 hari berlari di Aceh yang disambut langsung oleh anak-anak di garis Finish, SOS Children’s Village Banda Aceh. Cerita indah ini juga dirangkai dalam visual berupa pameran foto dan penayangan film dokumenter. Kegiatan ini juga sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada individu, pemerintah, rekan korporasi, dan rekan media yang telah berjuang bersama-sama mewujudkan mimpi anak-anak Aceh.

Namun, langkah kaki kita untuk memperjuangkan mimpi anak-anak Indonesia tidak pernah usai. Dalam kesempatan ini, SOS Children’s Villages Indonesia juga secara resmi mengumumkan kegiatan Run to Care 150 KM di tahun keempatnya yaitu di tahun 2020 akan dilaksanakan di Maumere, Flores. Sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh pelari marathon di tanah air untuk dapat menyalurkan keinginannya berlari sambil beramal. Karena semua yang kita lakukan selalu dalam satu tujuan yang sama, bersama-sama untuk anak Indonesia. #TogetherForChildren.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *