1000 Hari Pertama Anak Tentukan Sistem Imun dan Kecerdasan Anak

Tahukah Moms, bahwa ternyata 1000 hari pertama anak sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan mereka? Proses perkembangan otak, serta daya tahan tubuh anak dimulai dari sejak di dalam kandungan.

Hampir 10.000 sel otak terbentuk di minggu keempat kehamilan. Oleh karena itu nutrisi yang diterima bayi melalui ibunya menjadi faktor penting dalam proses pembuatan sel otak selama masa kehamilan ini.

“Stunting bukan hanya masalah gizi, tetapi juga antenatal care, salah satunya dengan kontrol kehamilan ke dokter atau ke bidan yang ada di rumah sakit atau di posyandu,” ujar Jessica Arawinda, Direktur 1000 Days Fund, organisasi non-profit yang fokus memberantas stunting di Indonesia.

Stunting sendiri jika sudah terjadi, tidak dapat diobati. Meski demikian stunting bisa dicegah dengan cara-cara berikut:

  1. Konsumsi Tablet Tambah Darah sesuai anjuran Bidan atau Dokter

Tablet Tambah Darah sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh calon ibu dan ibu hamil oleh Kementerian Kesehatan, hal ini untuk mencegah calon Ibu mengalami anemia. Zat besi yang ada dalam darah menjadi salah satu zat penting dalam pembentukan sel otak bayi. Oleh karena itu, Tablet Tambah Darah bisa mencegah Ibu Hamil mengalami anemia.

  1. Makan Makanan Dengan Gizi Seimbang

Tentunya penting bagi ibu hamil makan-makanan dengan gizi yang seimbang. Hal ini bisa didapatkan dengan pola makan seimbang dan banyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin.

  1. Berikan ASI Eksklusif untuk bayi 0-6 bulan

Selain higienis dan aman, ASI mengandung protein yang bisa melindungi bayi dari infeksi kuman. ASI mengandung bakteri baik yang memperkuat sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Asam lemak yang terkandung dalam ASI juga dapat membantu perkembangan otak bayi.

  1. Berikan Imunisasi Lengkap Hingga 1 Tahun

Imunisasi membuat bayi lebih kebal terhadap berbagai virus. Ketika terinfeksi virus atau bakteri, maka asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan digunakan sistem imun untuk memerangi virus dan bakteri tersebut, namun dengan sistem imun yang lebih kuat karena telah menerima vaksinasi, maka asupan nutrisi yang diterima oleh bayi bisa digunakan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

  1. Berikan Vitamin A dan Obat Cacing Setiap 6 Bulan

Vitamin A berfungsi untuk menghindarkan bayi dari kelainan penglihatan, serta gangguan pernafasan dan pertumbuhan yang terhambat. Namun pemberian vitamin ini perlu dibarengi dengan obat cacing agar dapat diserap tubuh secara optimal. Pemberian kapsul Vitamin A dan obat cacing biasanya dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu.

Foto: Ist

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *