10 Kebiasaan Anak Cerdas

Siapa yang tidak mau disebut cerdas? Rasanya, ada kebanggaan tersendiri kalau kita dikenal sebagai anak yang cerdas. Tapi, kecerdasan itu tidak bisa didapat dalam waktu singkat, Kids.

Kalau kamu ingin menjadi cerdas, kamu harus banyak belajar. Biasakan melakukan kegiatan yang bisa melatih pikiran. Dengan demikian, pikiranmu akan semakin tajam.

Nah, berikut beberapa tips kegiatan yang bisa kamu jadikan kebiasaan dari sekarang, untuk menjaga otakmu tetap encer;

  1. Menulis Ide Setiap Hari

Kamu bisa menuliskan ide tentang apa saja, Kids. Misalnya, bagaimana membuat kamar menjadi lebih menarik, apa yang akan kamu lakukan untuk membantu Mama, apa pun boleh. Nggak masalah idenya tidak masuk akal sekalipun, yang penting, otakmu tetap berpikir. Catat ide-idemu dalam sebuah buku. Siapa tahu, suatu saat kamu bisa mewujudkan idemu tersebut.

  1. Baca! Baca! Baca!

Sama seperti otot-otot tubuh, otak pun membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat. Penelitian menunjukkan bahwa stimulasi (rangsangan) otak dapat mencegah Demensia (kemunduran kemampuan otak) karena menjaga otak tetap aktif. Semua yang kamu baca, akan mengisi kepalamu dengan berbagai informasi baru. Kamu bisa membaca apa pun. Mulai dari buku fiksi (buku-buku cerita) sampai nonfiksi (buku-buku pengetahuan).

  1. Berbagi Pengetahuan

Setelah kamu mempelajari hal baru, jangan pelit untuk membagikan ilmumu kepada orang lain. Semakin banyak ilmu yang kamu bagikan, semakin luas pengetahuanmu. Berbagilah dengan teman yang bisa diajak berdiskusi, supaya kamu bisa menemukan pandangan yang berbeda dari hal yang kamu bagikan.

  1. Main Game yang Menstimulasi Otak

Latih otakmu dengan berbagai permainan yang membantu mengasah otakmu. Cobalah bermain teka-teki silang, sudoku, atau permainan lainnya yang membuat kamu terus berpikir dan mentalmu terjaga. Jangan mudah menyerah kalau kamu belum menemukan jawabannya.

  1. Kepo

Eits, kepo di sini dalam hal yang baik-baik saja, ya. Kalau kamu melihat sesuatu yang menurutmu menarik, coba cari tahu. Jangan cuma dibiarkan berlalu. Ikuti rasa ingin tahumu dan temukan jawabannya. Misalnya, kamu suka menulis dan ingin mengetahui tentang penulis-penulis terbaik di dunia. Jangan cuma mencari nama-nama penulis tersebut, tapi, kenali mereka dengan membaca karya-karyanya. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami karakter dan mengenal hal-hal baru.

  1. Belajar Dari Video

Kalau kamu tipe visual learner (belajar dengan cara melihat), akan lebih menyenangkan memahami suatu hal dengan menonton daripada membaca. Nah, cobalah tonton video-video yang edukatif dan belajar dari pengalaman si pembicara. Banyak channel di Youtube yang dapat memberikan pengetahuan dengan cara yang lebih seru. Jadi, gampang nempel di kepala, deh.

  1. Follow Akun yang Mendidik

Nah, tak bisa dipungkiri kalau kebanyakan kalian menggunakan media sosial. Sudah banyak, kok, akun yang membagikan informasi mendidik dan informatif. Ikuti akun-akun tersebut dan kamu bisa belajar banyak hal yang dibagikan pada linimasa mereka. Atau kamu bisa berlangganan newsletter yang akan langsung dikirimkan ke emailmu.

  1. Perdalam Hobi

Ada yang bilang lebih menyenangkan mempelajari sesuatu yang kita sukai. Oleh karena itu, coba perdalam hobimu. Kalau kamu suka musik, coba pelajari berbagai hal tentang musik. Kalau kamu suka makan, cari tahu lebih banyak tentang berbagai makanan hingga cara memasaknya.

  1. Belajar Bahasa Asing

Berdasarkan penelitian, orang yang menguasai dua atau lebih bahasa, memiliki kecerdasan yang lebih baik daripada yang hanya menguasai satu bahasa. Orang yang mempelajari dua bahasa, akan memproses kata lebih cepat, terutama kata yang punya arti sama dalam bahasa yang berbeda.

  1. Sudah Melakukan Apa Saja Hari Ini?

Orang yang cerdas adalah orang yang menghargai waktu. Di akhir harimu, tuliskan hal-hal yang sudah kamu lakukan hari itu. Hal ini bisa membantumu untuk mengetahui apa saja yang sudah kamu capai hari itu. Daftar ini juga bisa membantumu mengevaluasi seberapa produktif kamu setiap hari. Jadi, kamu bisa merencanakan kegiatan yang lebih baik lagi esoknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *